Perhatikan cara melempar bola basket berikut 1) Berdiri dengan posisi kaki kiri di depan dan kaki kanan di belakang, Urutan gerakan melempar bola secara mendatar pada permainan bola basket ditunjukkan oleh angka (D)

Perhatikan cara melempar bola basket berikut ini 1) Berdiri dengan posisi kaki kiri di depan dan kaki kanan berada di belakang, Urutan gerakan cara melempar bola secara mendatar pada permainan bola basket ditunjukkan oleh angka (D) 1)–5)–4)–2)–3)–6).

Karena melempar no 1 adalah posisi awal sebelum melempar bola yaitu dengan posisi kaki di depan kaki yang lain, kemudian dilanjutkan no.5 yaitu memegang bola basket, dan gerakan akhir berupa melempar bola basket tersebut yang terdapat pada no.6.

Pada intinya, gerakan melempar bola basket, gerakan dimulai dari posisi awal berdiri, memegang bola, kemudian melemparkannya.

Perhatikan cara melempar bola basket berikut !

  1. Berdiri dengan posisi kaki kiri di depan dan kaki kanan di belakang.
  2. Tarik siku tangan kanan yang membawa bola ke belakang, sedangkan posisi tangan kiri lurus di depan dada.
  3. Tarik siku ke belakang.
  4. Bola berada pada pangkal jari-jari dengan dipegang erat, tangan kanan membuat cekungan menghadap ke atas dengan posisi di bawah kepala.
  5. Pegang bola dengan tangan kanan.
  6. Lemparkan bola secara kuat dengan arah lurus depan dada.

Urutan gerakan melempar bola secara mendatar pada permainan bola basket ditunjukkan oleh angka . . . .

A. 1)–2)–3)–4)–5)–6).

B. 1)–3)–2)–6)–5)–4).

C. 1)–5)–4)–6)–2)–3).

D. 1)–5)–4)–2)–3)–6).

Penjelasan

Maksud soal: urutan melempar bola basket.

Kata kunci: urutan.

Perhatikan cara melempar bola basket berikut 1) Berdiri dengan posisi kaki kiri di depan dan kaki kanan di belakang, Urutan gerakan melempar bola secara mendatar pada permainan bola basket ditunjukkan oleh angka
  • Jawaban yang benar adalah D.

Karena melempar bola basket diawali dengan posisi berdiri (no.1), kemudian memegang bola (5), dan terakhir melemparkan bola (no.6.

  • Sedangkan pilihan jawaban A, B dan C salah.

A salah, karena pada saat berdiri, pemain belum memegang bola, namun siku sudah ditarik ke belakang untuk melakukan  lemparan. Makanya salah.

Kemudian B salah, karena gerakan dilakukan dengan melempar bola (no.6) kemudian baru bolanya dipegang (no.5). Sedangkan C salah, karena gerakan melempar bola berada di tengah sedangkan menarik siku berada di belakang. Padahal gerakan melempar bola diawali dengan menarik siku ke belakang untuk melakun ayunan. Maka salah.

Jawabannya

Perhatikan cara melempar bola basket berikut 1) Berdiri dengan posisi kaki kiri di depan dan kaki kanan di belakang, Urutan gerakan melempar bola secara mendatar pada permainan bola basket ditunjukkan oleh angka

(D) 1-5-4-2-3-6, karena no 1 adalah posisi awal kaki sebelum melempar bola, kemudian dialanjutkan memegang bola (no 5) dan diakhiri gerakan melempar bola (no 6).

Maaf kalau BENAR.

Tinggalkan komentar