2. Perenang yang tubuhnya lebih ringan akan lebih cepat berenang daripada tubuh yang lebih berat, hal ini dipengaruhi oleh (D)

Perenang yang tubuhnya lebih ringan akan lebih cepat renang atau berenang daripada tubuh yang lebih berat, hal ini dipengaruhi oleh faktor (D) Hambatan Tubuh.

Sebab, tubuh yang memiliki daya apung yang lebih tinggi dibandingkan orang dengan tubuh berat, yang artinya, posisi badan orang tersebut berada lebih tinggi dari permukaan air, daripada yang memiliki seorang yang berat.

Sehingga hambatan yang dimilikinya juga lebih kecil, makanya ia bisa lebih cepat bergerak di air.

Oleh sebab itu disebut hambatan tubuh, karena berat tubuh tersebut mempengaruhi seorang perenang dalam bergerak di air.

Perenang yang tubuhnya lebih ringan akan lebih cepat berenang daripada tubuh yang lebih berat, hal ini dipengaruhi oleh . . .

a. geseran kulit.

c. geseran air.

b. pusaran arus.

d. hambatan tubuh. ✅

Penjelasan

Maksud soal: tubuh ringan lebih cepat berenang dari tubuh yang berat adalah pengaruh?

Kata Kunci: tubuh ringan.

  • Kulit salah

Sebab, hambatan kulit disebabkan oleh air yang berada di sisi badannya, yang meski begitu dalam renang hanya berpengaruh kecil pada gerakan.

  • Jawaban B salah.

Karena pda contoh soal berupa dua badan yang memiliki berat yang berbeda, dan yang ringan adalah yang paling cepat makanya sudah apsti pengaruhnya karena tubuh.

Jika geseran air, disebabkan karena hambatan air yang berada di depan kita, yang mana ketika kita berenang akan menahan dan mendorong air yang berada di depan kita.

Semakin dalam posisi badan kita masuk ke air, semakin besar hambatan tersebut.

  • Pusaran arus salah.

Yang dimaksud hambatan pusaran arus disebabkan oleh air yang tidak mampu mengisi bagian belakang badan yang tidak mendatar.

Misalnya, kaki yang telah ditarik yang menyebabkan badan tersebut tidak sejajar.

  • Tubuh benar.

Sebab, tubuh yang ringan akan memiliki daya apung yang tinggi, akibatnya hambatan depannya ketika berak maju dengan mendorong air menjadi lebih kecil dari perenang bertubuh berat.

Makanya ia bisa berenang lebih cepat.

Jawabannya

Perenang yang tubuhnya lebih ringan akan lebih cepat berenang daripada tubuh yang lebih berat, hal ini dipengaruhi oleh

Perenang dengan tubuh ringan akan lebih cepat berenang daripada perenang dengan tubuh berat, hal ini dipenharuhi oleh (D) hambatan tubuh. Sebab tubuh, yang ringan akan lebih besar kemampuan daya apungnya, karena mengapung lebih tinggi, hambatan air di depan badan juga lebih kecil, sehingga ia lebih ringan dan mudah dalam melakukan gerakan ke depan. Makanya tubuh yang ringan lebih cepat berenang dari tubuh yang berat.

Jawaban diatas dikutip dari jurnal UNY tentang prinsip-prinsip mekanika renang, pada bagian Prinsip Daya Apung.

Dari pembahasan dan referensi yang disebutkan di atas, maka maaf kalau BENAR.

Tinggalkan komentar