14. Pengangkatan paha yang benar saat lari jarak pendek adalah (A)

Pengangkatan paha yang benar saat melakukan gerakan lari jarak pendek adalah paha diangkat pada posisi yang (A) tinggi.

Sebab, saat melangkah, lutut diangkat ke depan atas, sehingga posisi paha terangkat tinggi, paha yang diangkat dengan tinggi juga menyebabkan kita memperoleh panjang langkah yang lebar / menjangkau jauh, dan badan dapat terdorong dengan kuat.

Pada saat melakukan aba-aba “Ya”, dilakukan dengan cara mengangkat tinggi lutut yang tertekuk, yang artinya pahanya juga terangkat tinggi.

Karena posisi badan kita condong ke depan, maka badan dorongan ke depan tetap terjaga ketika kita mengangat paha tinggi.

Jadi, intinya sih karena langkah lari jarak pendek adalah lebar, dan cepat, maka untuk memperolehnya dilakukan dengan mengangat tinggi paha.

Pengangkatan paha yang benar saat lari jarak pendek adalah

a. tinggi. ✅

b. rendah.

c. sedang.

d. sangat rendah.

Penjelasan

Pengangkatan paha yang benar saat lari jarak pendek adalah

Maksud soal: gerakan paha ketika diangkat.

Kata kunci: paha.

  • Tinggi benar.

Sebab dengan mengangkat tinggi kita dapat memperoleh panjang langkah yang lebar dan juga cepat.

  • Rendah salah.

Apabila lutut atau paha diangkat rendah, maka langkah yang diperoleh juga pendek, dan karena kita menjangkau pendek-pendek, jadinya gerakan lari menjadi tidak maksimal.

  • Sedang salah.

Lutut yang diangkat sedang berarti sama seperti kita berjalan, yang menyebabkan langkah yang diperloleh juga sedang, padahal prinsip gerakan langkah kaki lari cepat adalah lebar dan cepat.

  • Sangat rendah juga salah.

Kalau sangat rendah, langkah yang diperoleh juga pendek, jarak yang dijangkau pendek, akibatnya kita akan banyak melakukan gerakan mendarat, menolak lagi, mendorong badan dan sebagainya.

Sehingga gerakan lari juga akan menjadi lebih lambat.

Jawabannya

Pengangkatan paha yang benar saat lari jarak pendek adalah

Pengangkatan paha / lutut yang benar saat gerakan lari jarak pendek adalah (A) tinggi, dengan paha yang diangkat tinggi, maka akan memperoleh panjang langkah yang lebar, dan dorongan badan yang kuat.

Jawaban ini ada di buku paket kelas 8 halaman 140.

Pengangkatan paha yang benar saat lari jarak pendek adalah

Berdasarkan penjelasan dan referensi yang telah disebutkan di atas maka jawaban telah sesuai dengan buku dan diverfikasi BENAR.

Tinggalkan komentar