7. Pembalut yang biasanya digunakan untuk korban yang mengalami kecelakaan seperti patah tulang lengan, luka di kepala atau cedera pada sendi lutut adalah (B)

Pembalut yang biasanya digunakan untuk pertolongan pertama pada korban yang mengalami kecelakaan seperti patah tulang lengan tangan, luka di kepala, atau cedera pada sendi lutut kaki adalah (B) pembalut segita.

Sebab pembalut segitiga terbuat dari kain halu berbentuk segitiga, yang umumnya diguankan untuk menyangga atau menopang anggota badan seperti lengan yang patah, dengan mengikat kedua ujung kain tersebut.

Pembalut segitiga terbuat dari kain yang tipis, lembut namun kuat dan biasanya berwarna putih. Cara menggunakannya dengan dilebarkan atau dilipat.

Contohnya bila kita akan memberikan pertolongan pada korban kecelakaan dengan lengan yang patah.

  • Kain akan dilebarkan dengan posisi lengan / siku diletakan di atas kain.
  • Ujung dan ujung kain yang lain diikatkan di belakang leher.

Ibaratnya seperti kalung, agar tangan yang patah tersebut dapat menyangga pada kain.

Tujuan menyangga tulang tersebut agar tidak terjadi gerakan yang memperburuk patah tulang dan mengakibatkan cedera menjadi parah hingga cacat.

Pembalut yang biasanya digunakan untuk korban yang mengalami kecelakaan seperti patah tulang lengan, luka di kepala atau cedera pada sendi lutut adalah . . . .

a. kasa steril.

b. pembalut segitiga. ✅

c. perban.

d. plester.

Penjelasan

Maksud soal: pembalut yang digunakan untuk patah tulang.

Kata kunci: membalut cidera patah tulang.

  • Jawaban A salah.

Sebab, luka yang dialami adalah tulang yang patah bukan pendarahan jadi tidak menggunakan kasa steril yang fungsinya untuk menutupi luka.

  • Pilihan B benar.

Karena pembalut segitiga bentuknya seperti segitiga yang digunakan untuk menopang atau menyangga tulang yang patah agar tidak banyak gerakan yang mengakibatkan kerusakan patah tulang semakin parah.

  • Perban juga salah.

Fungsi dari perban adalah untuk membalut luka pendarahan yang telah ditutup dengan kasa steril, artinya bukan untuk luka akibat patah tulang.

  • Sama halnya dengan plester.

Kegunaan plester untuk melekatkan kasa steril agar menutupi luka pendarahan dengan sempurna, bukan untuk patah tulang.

Masa patah tulang diplester?.

Jawabannya

Pembalut yang biasanya digunakan untuk korban yang mengalami kecelakaan seperti patah tulang lengan, luka di kepala atau cedera pada sendi lutut adalah

Jenis pembalut yang biasanya digunakan untuk korban yang mengalami kecelakaan akibat patah tulang lengan, atau luka di kepala atau cedera pada bagian sendi lutut kaki adalah (B) pembalut segitiga. Sebab, pembalut segitiga digunakan untuk menopang / mengangga tulang yang patah agar tidak banyak pergerakan yang mengakibatkan kerusakan patah tulang semakin parah.

Maaf kalau BENAR.

Tinggalkan komentar