Pak Hasan seorang pengusaha meubel di Tamanwinangun, Kebumen, Ia mengubah kayu menjadi berbagai kerajinan meubel, Tindakan ekonomi yang dilakukan Pak Hasan termasuk kegiatan ekonomi (D)

Pak Hasan adalah seorang pengusaha meubel di Tamanwinangun, Kebumen, Ia mengubah kayu menjadi berbagai kerajinan meubel, Tindakan ekonomi yang dilakukan oleh Pak Hasan termasuk kegiatan ekonomi (D) Produksi.

Sebab, Pak Hasan membuat produk mebel. Kegiatan membuat, menciptakan, atau menghasilkan suatu produk disebut produksi.

Dalam kegiatan ekonomi, terdapat 3 kegiatan utama: yaitu Produksi, Distribusi dan Konsumsi.

  • Produksi : menghasilkan suatu barang. Pelakunya disebut Produsen. Contohnya: membuat mebel, membuat baju dari kain, petani mengolah sawah untuk memproduksi padi.
  • Distribusi: menyalurkan barang dari produsen ke konsumen. Pelakunya disebut Distributor. Contohnya: Pak Adi dari Jogja menyalurkan mebel punya Pak Hasan agar dapat dipakai oleh orang Jogja.
  • Konsumsi: memakai, menggunakan barang / jasa. Pelakunya disebut Konsumen. Contohnya: Bapak memakai mebel buatan pak Hasan.

Nah, sekarang sudah ada gamabran, kan bahwa produksi adalah membuat barang, distribusi sebagai penyalur, dan konsumsi pada intinya dalah menggunakan.

Pak Hasan seorang pengusaha meubel di Tamanwinangun, Kebumen, Ia mengubah kayu menjadi berbagai kerajinan meubel, Tindakan ekonomi yang dilakukan Pak Hasan termasuk kegiatan ekonomi ….

a. Konsumsi.

b. Pemasaran.

c. Distribusi.

d. Produksi.

Penjelasan

Maksud soal: pak hasan seorang penguasaha, membuat mebel.

Kata kunci: mengubah kayu menjadi mebel.

  • Jawaban D BENAR.

Yang jelas dalam soal ini adalah suatu kegiatan ekonomi. Nah, kegiatan ekonomi yang dilakukan pak hasan adalah membuat mebel dari kayu. Kegiatan membuat, berarti memproduksi. Makanya jawaban yang benar adalah D.

  • Sedangkan A, B, C salah.

Karena pak hasan tidak memakai mebel tersebut, jadi tidak mungkin konsumsi. Pak hasan juga tidak menyalurkan mebel tersebut, jadi bukan distributor. Lalu pada soal juga tidak ada keterangan melakukan pemasaran. Jadi juga bukan pemasaran.

Jawabannya

Pak Hasan seorang pengusaha meubel di Tamanwinangun, Kebumen, Ia mengubah kayu menjadi berbagai kerajinan meubel, Tindakan ekonomi yang dilakukan Pak Hasan termasuk kegiatan ekonomi

(D) Produksi, sebab Pak Hasan seorang pengusaha, dan kegiatan yang dilakukan membuat mebel dari bahan kayu. Kegiatan membuat barang / jasa disebut produksi.

Penjelasan mengenai produksi ada dalam buku paket kelas 7 pada halaman 146.

Pak Hasan seorang pengusaha meubel di Tamanwinangun, Kebumen, Ia mengubah kayu menjadi berbagai kerajinan meubel, Tindakan ekonomi yang dilakukan Pak Hasan termasuk kegiatan ekonomi

Jawaban BENAR.

Tinggalkan komentar