Fungsi Page Setup Ms Word, dan Excel (Bahas Soal)

Page setup adalah fitur pengaturan lengkap untuk mempersiapkan halaman dokumen atau lembar kerja pada software Microsoft yang tersedia di word dan excel. Page setup berfungsi untuk: mengatur ukuran halaman yang mencakup 3 bagian utama yaitu: menentukan lebar atau batas tepi dokumen (Margins), jenis kertas yang digunakan (Paper), dan lebar Header and Footer (Layout).

Berikut salah satu soal tentang microsoft word untuk SMP mapel Teknologi Informasi (TI), disertai jawaban dan dijelaskan secara lengkap.

Page setup berfungsi untuk…

a. Mengatur halaman.
b. Mencetak kertas.
c. Keluar dari tampilan.
d. Membuka lembar kerja.
e. Memprint data.

Jawaban dari soal page setup berfungsi untuk?

A. Mengatur halaman.

Penjelasan fungsi page setup:

Secara singkat, bisa diketahui dari namanya, Page yang arti-nya halaman, dan Setup ber-arti mempersiapkan atau mengatur. Jadi mempersiapkan (mengatur) halaman di ms word.

Alasan:

Kenapa bukan b, c, d, atau e?

B. Mencetak kertas.

Untuk mencetak kertas kegunaanya ada pada perintah Print (ctrl + P), sedangkan page setup, hanya mempersiapkan halaman sebelum dicetak.

C. Keluar dari tampilan.

Jika ingin keluar dari tampilan atau jendela word bisa dengan icon minimize (-) untuk sementara, atau dengan ikon close (X) yang berada di pojok kanan atas software untuk menutup aplikasi tersebut.

D. Membuka lembar kerja baru.

Fasilitas ini, adanya di menu File – New. Atau shorcut-nya Ctrl N.

E. Memprint data.

Pilihan terkakhir sebenarnya rancu, memprint data maksudnya mungkin sama dengan mencetak halaman. Jika demikian berarti bukan page setup, melain perintah print.

Sila baca materi di bawah ini untuk lebih memahami kegunaannya.

Materi Page Setup.

Dalam fasilitas page setup terdiri atas 3 bagian utama yaitu Margins, Paper, Layout.

  • Margins terdiri atas: Margins, Orientation, Page.
  • Paper, terdiri atas: Paper size, Paper source.
  • Layout, terdiri dari: Section, Header and footers.

Fungsi Utama Page Setup.

Berikut kegunaan dari setiap group dalam page setup.

1. Margins, pada group Page Setup ms word berfungsi untuk mengatur jarak tepi dokumen, orientasi (mencetak landscape dan potrait), serta mengatur tampilan sebelum dokumen dicetak.

  • Margins.

Terdiri atas pengaturan format halaman dokumen untuk batas tepi kertas terhadap tulisan, maupun lebar gutter atau batas kertas terhadap margins.

Biasanya ada 4 sisi yang sering digunakan yaitu Top (Atas), Bottom (Bawah), Left (Kiri), dan Right (Kanan). Keempat sisi ini yang mengatur margin atau batas atau jarak kertas sebuah dokumen, dan pada pengaturan default nilainya 2,54 Cm.

Sedangkan untuk bagian luar, terdapat yang namanya Gutter, atau batas ujung kertas dan ujung margin. Ada 2 pilihan, Gutter, untuk sebagai besarnya jarak yang diberikan. Dan Gutter Position digunakan untuk mengatur posisi dari gutter tersebut, umunya di kiri, namun tergantung juga dengan jenis dokumen yang dibuat.

fungsi margins gutter

Penggunaan gutter bisa juga untuk memberikan jarak jilid, misalkan lebar jilid untuk lakbannya 2 Cm. Dengan begitu nanti hasil saat dokumen dibuka tulisannya bisa terbaca ditengah kan?.

  • Orientation.

Memiliki kegunaan atau fungsi untuk mengatur dan menentukan bagaimana kertas akan dicetak, secara tegak atau vertikal (potrait), atau miring/horizontal (landscape).

orientation
  • Page.

Mengatur tata letak preview sebelum dokumen dicetak pada perintah print.

page setup

Biasanya saat kita masuk ke perintah Print, di samping kanannya ada tuh preview atau tampilan kira-kira hasil dokumen yang telah kita buat jika dicetak. Tata letak dari tampilan itu bisa diatur di fitur Pages.

2. Paper, pada group page setup berfungsi untuk mengatur ukuran kertas.

  • Paper Size.

Digunakan untuk mengatur ukuran kertas dalam ms word sesuai standar seperti A4, A3, A1, A2, A5 dll, maupun custom atau sesuai dengan kebutuhan dengan merubah angka tinggi (height), dan lebar (weight).

fungsi paper pada page setup

3. Layout, pada page setup berfungsi untuk mengatur section, lebar header dan footer, dan mensejajarkan posisi baris.

fungsi layout pda page setup
  • Header and Footer.

Mengatur besarnya kepala dan kaki dokumen dengan spesifik menggunakan satuan Cm atau Inch.

  • Page.

Melakukan pensejajaran baris kalimat tersebut dalam halaman dokumen.

Demikian kegunaan dari page setup, yang umunya lebih sering untuk mengatur margin, ukuran kertas, dan orientasi.

Tinggalkan komentar