12. Pada tingkat berat kita mengenal dua bentuk kekurangan kalori protein penyakit akibat kekurangan kalori disebut (B)

Pada tingkat berat kita mengenal dua bentuk kekurangan kalori protein atau KKP, penyakit yang sebab utamanya akibat kekurangan kalori disebut / dinamakan dengan penyakit (B) Marasmus.

Penyakit KKP berat terdiri atas 2 jenis: Kwashiorkor dan Maramus. Khwashiorkor penyebab utamanya karena kurang protein, sedangkan Maramus penyebab utama karena kurang kalori.

Penyakit yang biasanya menyerang anak berusai di bawah 5 tahun ini memiliki gejala / tanda umum antara lain: badan kurus kerempeng seolah tinggal tulang dan kulit, penuaan dini atau wajah terlihat jauh lebih tua dari umurnya, lalu kulit keriput.

Sedangkan gejala lain yang diikuti berupa: wajah terlihat pucat karena kurang darah, tinja encer, dehidrasi atau banyak mengeluarkan cairan tubuh, serta mengalami gejala akibat kurang vitamin A seperti mata kabur.

Dengan mengetahui gejala tersebut, kita bisa mengamati apakah diri kita, orang di sekitar kita, mengalami penyakit Marasmus?

Bagaimana pola makan kita apakah kurang menkonsumi kalori tinggi seperti nasi, singkong, dan makanan lain dengan karbohidrat tinggi sebagai sumber utama kalori.

Pada tingkat berat kita mengenal dua bentuk kekurangan kalori protein penyakit akibat kekurangan kalori disebut

a. Kwashiorkor.

b. Marasmus. ✅

c. Kurang zat gizi makan.

d. Kurang kalori protein.

Penjelasan

pada tingkat berat kita mengenal dua bentuk kekurangan kalori protein penyakit akibat kekurangan kalori disebut

Maksud soal: jenis KKP karena kurang kalori.

  • Kwashiorkor salah, sebab penyakit ini penyebab utamanya karena kekurangan protein, sedangkan maksud soal berupa zat kalori.
  • Pilihan B, benar sebab nama penyakit KKP berat karena malnutrisi kalori adalah Marasmus.
  • Kurang zat gizi makan, salah. Sebab yang dimaksud soal ketidakseimbangan gizi berupa kurang kalori saja, bukan semua zat lain lain seperti lemak, protein, vitamin, mineral, garam, dan air, yang merupakan pengertian dari kekurangan zat gizi.
  • Sedangkan kurang kalori protein, terdapat 2 zat yang yaitu protein dan kalori sedangkan maksud soal hanya kalori saja.

Jawabannya

Pada tingkat berat kita mengenal dua bentuk kekurangan kalori protein penyakit akibat kekurangan kalori disebut

Kurang kalori = (B) Marasmus. 🍚✅

Pada intinya, bentuk ketidakseimbangan zat yang diperlukan tubuh berupa zat kalori dan protein, atau yang sering dikenal dengan sebutan KKP, terdapat 2 macam. Kwashiorkor dan Marasmus. Nah, yang penyebab utamanya karena kurang kalori adalah Marasmus.

Jawaban ini terdapat dalam buku PJOK kelas 7 pada halaman 300.

pada tingkat berat kita mengenal dua bentuk kekurangan kalori protein penyakit akibat kekurangan kalori disebut

Jawaban sesuai dan tertera di buku sehingga dinyatakan Benar.

Tinggalkan komentar