1. Pada saat lawan mengubah posisinya serang dengan pukulan siku pada bagian ulu hatinya dan disusul dengan tendangan samping, Gerakan ini merupakan pengembangan taktik (A)

Pada saat lawan mengubah posisinya, serang lawan dengan pukulan siku tangan kanan pada bagian ulu hatinya dan disusul dengan tendangan ke arah samping, gerakan ini merupakan pengembangan taktik variasi dan kombinasi serangan yaitu (A) menggoyahkan pertahanan lawan.

Sebab, gerakan di atas, perhatian / posisi lawan terahlikan, kemudian dipukul dengan sikutan, lalu ditendang dari samping yang akan menyebabkan pertahan lawan goyah.

Berikut teknik menggoyahkan pertahanan lawan:

  • Sikap pasang kuda-kuda.
  • Alihkan perhatian dengan cara mengarahkan kedua jari tangan kiri ke arah mata lawan.
  • Saat perhatian lawan teralihkan pada pukulan tersebut, dan lawan mengelak, segera pukul dengan sikutan tangan kanan, kemudian disusul tendangan ke samping.

Gerak pukulan tangan kiri tersebut untuk mengalihkan perhatian lawan, sehingga menghindari tangan kiri tersebut, namun sebenarnya kita sengaja agar lawan menghindar ke kanan, dan incaran utamanya pada ulu hati dengan menggunakan pukulan sikut ke kanan, kemudian kita tendang dari samping.

Karena lawan tersikut, lalu tertendang, maka pertahannya akan goyah. Kegoyahan tersebut akibat lawan tadi teralihkan pada serangan pertama berupa mengarahkan kedua jari ke arah mata lawan. Cara lain bisa dengan pukulan, atau tendangan dari kiri.

Pada saat lawan mengubah posisinya serang dengan pukulan siku pada bagian ulu hatinya dan disusul dengan tendangan samping, Gerakan ini merupakan pengembangan taktik . . . .

a. menggoyahkan pertahanan lawan. ✅

b. melakukan serangan pendahuluan.

c. mengembangkan taktik bela serang.

d. pengembangan taktik tangkis serang.

e. pengembangan pukul hindar.

Penjelasan

Pada saat lawan mengubah posisinya serang dengan pukulan siku pada bagian ulu hatinya dan disusul dengan tendangan samping, Gerakan ini merupakan pengembangan taktik

Maksud soal: saat perhatian lawan teralihkan, pukul dengan siku ke ulu hati, lalu tendang dari samping, disebut taktik.

Kata kunci: pukul sikut ke ulu hati lalu tendang.

  • Jawaban A benar.

Sebab, pada perhatian lawan yang teralihkan, menyebabkan ia tidak fokus pada serangan yang sebenarnya, yaitu sikutan ulu hati, dan tendangan yang tujuannya untuk menggoyahkan pertahanan lawan.

  • Sedangkan B salah.

Serangkan pendahuluan dilakukan dengan cara memukul dan menangkis secara perlahan dengan berpasangan. Pada contoh di atas, tidak ada gerak menangkis.

Taktik bela serang juga dilakukan dengan cara memukul dengan tangan, lalu melangkahkan kaki depan ke belakang dengan cara memutar, di saat lawan melangkah akan memukul, lakukan tendangan belakang,.

  • Bela serang salah.

Seperti namanya taktik bela serang dilakukan dengan teknik elakan yang kemudian dilanjutkan serangan. Misalnya nih, lawan memukul kita mengelak kemudian kita serang dengan pukulan dan tendangan. Sedangkan pada contoh di atas tidak di awal kita melakukan colokan / pukulan bukan elakan.

  • Sama halnya tangkis serang salah.

Gerakan tangkis serang  terdiri dari gerakan menangkis yang kemudian dilanjutkan serangan. Pada soal di atas, dimulai dengan pukulan makanya salah.

  • Sedangkan pukul hindar salah.

Pada gerkan di atas setelah kita memukul / mencolok mata lawan sebagai pengalihan tidak dilanjutkan menghindar namun kembali memukul ke ulu hati dengan siku.

Pada intinya sih, taktik silat terdiri dari: serangan langsung, bela serang, dan tangkis serang. Seperti namanya, serangan langsung dilakukan dengan awalan berupa serangan.

Jawabannya

Pada saat lawan mengubah posisinya serang dengan pukulan siku pada bagian ulu hatinya dan disusul

(A) menggoyahkan pertahanan lawan, sebab posisi lawan berubah, yang kemudian membuka peluang memukul dengan siku, dan menendang dari samping, yang mengakibatkan sikap pasang kuda-kudanya goyah.

Jawaban ada dalam buku paket kelas 9 pada halaman 104.

Pada saat lawan mengubah posisinya serang dengan pukulan siku pada bagian ulu hatinya dan disusul dengan tendangan samping, Gerakan ini merupakan pengembangan taktik

Maaf kalau BENAR.

Tinggalkan komentar