Menu Tutup

Pada saat ini, hampir semua orang sudah memanfaakan jaringan media sosial seperti facebook, twitter, instagram, dan sebagainya untuk berbagai kepentingan (Jawabannya)

Pada saat ini, hampir semua orang sudah memanfaakan jaringan media sosial seperti misalnya facebook, twitter, instagram, dan sebagainya untuk berbagai kepentingan, Akan tetapi ada pula orang yang memanfaatkan media sosial tersebut untuk melakukan tindakan kejahatan, Tidak jarang pada saat ini, sering terdengar / terjadi kasus penipuan, penculikan dan sebagainya yang berawal dari interaksi di media sosial, Berkaitan dengan uraian tersebut analisislah penyebab dan solusi untuk mengatasi persoalan itu ! Berikut penjelasannya.

Dalam soal disebutkan mengenai orang-orang yang menggunakan medsos untuk tindakan kejahatan seperti penipuan.

Berarti penyebabnya bisa dari berbagai faktor: dari pelaku, korban, penegak hukum, maupun dari media sosial itu sendiri.

Pada saat ini, hampir semua orang sudah memanfaakan jaringan media sosial seperti facebook, twitter, instagram, dan sebagainya untuk berbagai kepentingan

Akan ada pula orang yang memanfaatkan media sosial untuk melakukan kejahatan, Tidak jarang saat ini, sering terdengar kasus penipuan, penculikan dan sebagainya yang berawal dari interaksi di media sosial, Berkaitan dengan uraian tersebut analisislah penyebab dan solusi untuk mengatasi persoalan itu !

Jawab:

Penyebab terjadi tindak kejahatan penipuan, penculikan dan sebagainya yang berawal dari interaksi media sosial disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain:

1) Faktor dari pelaku: penyebabnya karena:

  • Kurangnya kesadaran akan pentingnya hukum.
  • Sikap egois atau individualis.
  • Penyalahgunaan penggunaan media sosial.

2) Faktor dari korban: penyebabnya karena:

  • Kurangnya pengetahuan masyarakat mengenai informasi yang benar dan palsu.
  • Kurangnya kehati-hatian dalam menggunakan media sosial.

3) Faktor dari media sosial, penyebabnya karena:

  • Kurangnya keamanan di media sosial tersebut seperti kemanan dalam bertransaksi.
  • Tidak adanya verifikasi mengenai informasi yang benar, atau palsu.
  • Akses media sosial yang terlalu bebas.

4) Faktor penegak hukum, penyebabnya karena:

  • Kurangnya alat-alat penegak hukum dalam mengawasi tindakan kejahatan di dunia maya.
  • Kurangnya peraturan yang melindungi warga negara di dunia maya.
  • Ketidaktegasan penegak hukum terhadap kejahatan di media sosial.

Solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi kejahatan seperti penipuan dan penculikan akibat dari penggunaan media sosial antara lain:

1) Solusi kepada Pelaku: solusinya:

  • Memberikan sanksi yang tegas sesuai dengan hukum yang berlaku agar memberikan efek jera.
  • Diberikan edukasi mengenai penggunaan media sosial secara bijak.

2) Solusi untuk calon atau korban:

  • Pengetahuan akan informasi seperti apa yang benar dan palsu.
  • Berharti-hati dalam penggunaan media sosial, seperti tidak langsung mentransfer uang kepada penjual.

3) Solusi dari Media sosial, solusinya:

  • Meningkatkan keamanan, misalnya dalam transaksi online menggunakan rekening bersama agar uang tidak langsung masuk ke calon pelaku.
  • Melakukan verifikasi kebenaran terhadap informasi yang disebarkan oleh pengguna media sosial.
  • Memperbaiki sistem di dalam media sosial tersebut seperti memperketat aturan dengan tujuan memperkecil celah tindak kejahatan.

4) Solusi dari penegak hukum:

  • Menindak tegas kejahatan dari media sosial.
  • Memperketat aturan / hukum penggunaan media sosial untuk melindungi warga masyarakat dan juga memperkecil celah tindakan kejahatan.

Begitu ngab jawabannya. Intinya sih, di era internet ini, informasi dapat disebarkan dan diakses secara bebas. Oleh sebab itu, kita tidak boleh dengan mentah-mentah menelan informasi tersebut.

Misalnya: kalau mau beli barang di medsos: facebook atau instagramlah, jangan langsung transfer ke penjual, lebih baik tanyakan misalnya nama toko di Tokopedia, atau Shopee yang di situ keamanan transaksinya menggunakan sistem REKBER (Rekening bersama).

Uang ditahan dulu, ketika barang sampai dan kondisinya sesuai baru deh kita konfirmasi, kemudian uang tersebut baru masuk ke penjual. Pembeli dapet barang yang diinginkan, penjual dapat jumlah uang yang sesuai, sehingga aman.

Kata kunci

Pada saat ini, hampir semua orang sudah memanfaakan jaringan media sosial seperti facebook, twitter, instagram, dan sebagainya untuk berbagai kepentingan

Berikut ini penilaian skornya:

Pada saat ini, hampir semua orang sudah memanfaakan jaringan media sosial seperti facebook, twitter, instagram, dan sebagainya untuk berbagai kepentingan

Soal ini sebenarnya menanyakan mengenai pendapat, jadi tiap orang bisa saja berbeda, dan penilaian juga tergantung dari kebijakan masing-masing guru pembimbing. Dengan skor maksimal = 5.

Mohon maaf kalau Panjang, dan benar.

Pada saat ini, hampir semua orang sudah memanfaakan jaringan media sosial seperti facebook, twitter, instagram, dan sebagainya untuk berbagai kepentingan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *