Pada hakikatnya dalam rangka pembentukan integrasi nasional, biasanya mengandalkan persatuan dan kesatuan masyarakat yang secara etnis majemuk sifat-sifat kebudayaan yang berbeda ! (Jawabannya)

Pada hakikatnya dalam rangka pembentukan integrasi nasional, biasanya mengandalkan persatuan dan kesatuan masyarakat yang secara etnis majemuk sifat-sifat kebudayaan yang berbeda, Berdasarkan hal tersebut sebutkan perbedaan faktor pendorong dan faktor penghambat tercapainya integrasi nasional ! berikut pembahasan dan penjelasannya.

Etnis itu suku budaya, yaitu sekolompok manusia yang angggotanya mengidentifikasi sesamanya biasanya berupa ras atau garis keturunan.

Misalnya etnis jawa, sunda, betawi, baduy, Dayak, dan lain sebagainya. Dari hal tersebut apa sih hal yang mendorong dan menghambat integrasi / penyatuan kelompok-kelompok tersebut.

Pada hakikatnya dalam rangka pembentukan integrasi nasional, biasanya mengandalkan persatuan dan kesatuan masyarakat yang secara etnis majemuk sifat-sifat kebudayaan yang berbeda, Berdasarkan hal tersebut sebutkan perbedaan faktor pendorong dan faktor penghambat tercapainya integrasi nasional !

Jawab:

Faktor pendorong tercapainya integrasi nasional

  1. Adanya rasa senasib dan seperjuangan yang diakibatkan oleh faktor sejarah.
  2. Adanya ideologi nasional yang tercermin dalam simbol negara yaitu Garuda Pancasila dan semboyan Bhinneka Tunggal Ika.
  3. Adanya tekad serta keinginan untuk bersatu di kalangan bangsa indonesia seperti yang dinyatakan dalam Sumpah Pemuda.
  4. Adanya ancaman dari luar yang menyebabkan munculnya semangat nasionalisme di kalangan bangsa Indonesia.

Faktor penghambat integrasi nasional

  1. Kurangnya penghargaan terhadap kemajemukan yang bersifat heterogen.
  2. Kurangnya toleransi antargolongan.
  3. Kurangnya kesadaran dari masyarakat Indonesia terhadap ancaman dan gangguan dari luar.
  4. Adanya ketidakpuasan terhadap ketimpangan dan ketidakmerataan hasil-hasil pembangunan.

Begitulah jawabannya. Dalam belajar online kali ini kata kuncinya adalah faktor penodrong, berarti yang mendorong yang kaitannya dengan penyatuan antar etnis.

Misalnya perasaan senasib dan seperjuangan, hal tersbeut akan mendorong berbagai etnis di berabagai wilayah di Indonesia untuk bersatu, karena merasa sama-sama pernah dijajah, dan sama-sama pernah berjuang untuk mewujudkan kemerdekaan.

Begitupun faktor penghambat berarti yang menghambat / memecah belah, misalnya kurang penghargaan dari keberagaman yang berlainan. Misalnya tidak saling menghargai antara etnis satu dengan etnis lain yang berbeda karakternya.

Kunci Jawabannya

Pada hakikatnya dalam rangka pembentukan integrasi nasional, biasanya mengandalkan persatuan dan kesatuan masyarakat yang secara etnis majemuk sifat-sifat kebudayaan yang berbeda

Berikut kunci jawaban yang benar mengenai perbedaan dari faktor pendorong dan penghambat integrasi nasional: ๐Ÿ™‹โ€โ™‚๏ธ๐Ÿ‘จโ€๐Ÿซ๐Ÿ’ฏ

Pada hakikatnya dalam rangka pembentukan integrasi nasional, biasanya mengandalkan persatuan dan kesatuan masyarakat yang secara etnis majemuk sifat-sifat kebudayaan yang berbeda, Berdasarkan hal tersebut sebutkan perbedaan faktor pendorong dan faktor penghambat tercapainya integrasi nasional

Catatan: jawaban di atas dikutip dari kunci jawaban guru.

Jawaban diverifikasi BENAR ๐Ÿ’ฏ

Tinggalkan komentar