3. Pada gerakan jalan cepat posisi kaki harus (A) Selalu Kontak Tanah

Pada gerakan jalan cepat posisi kaki saat melangkah harus (A) salah satu kaki selalu kontak / menyentuh tanah. Gerakan berjalan dilakukan dengan menumpu kaki secara bergantian, sehingga saat salah satu kaki diayunkan untuk melangkah, kaki tumpu harus menyentuh tanah.

Misalnya, saat kaki kiri di belakang sebagai tumpuan tidak boleh diangkat sebelum kaki kanan yang melangkah maju tersebut menyentuh tanah.

Sebab bila kaki kehilangkan / putus kontak dengan tanah berarti gerakannya bukan lagi berjalan melainkan berlari, atau mungkin melompat.

Pada gerakan jalan cepat posisi kaki harus

a. kedua kaki selalu kontak dengan tanah.

b. kedua kaki boleh melayang.

c. satu kaki selalu kontak dengan tanah. βœ…

d. tidak ada ketentutan.

Penjelasan

pada gerakan jalan cepat posisi kaki harus

Maksud soal: posisi kaki saat berjalan

  • Jika kedua kaki harus selalu kontak dengan tanah berarti bukan lagi berjalan, melainkan diam / berdiri, menggeser kaki.

Sehingga pilihan A salah sebab dalam jalan kedua kaki tidak diangkat atau menapak bersamaan.

  • Apabila kedua kaki melayang, maka masuk dalam gerakan berlari atau meloncat, justru hal yang tidak diperbolehkan bukannya diharuskan dalam melaukan lari.

Karena akan dianggap melanggar aturan yang dapat didiskualifikasi.

  • Namun bila salah satu kaki selalu kontak dengan tanah, jawabannya benar. Sebab dalam berjalan gerakan yang dilakukan dengan mengangkat kaki satu dengan yang lain secara bergantian tanpa terputus kontak dengan tanah.
  • Yang dimaksud dengan tidak ada kententuan maksudnya, kita boleh melangkah panjang, pendek, hingga melayang, maupun tidak.

Padahal dalam jalan, kita tidak boleh mengangkat kedua kaki secara bersamaan, seperti melayang, atau melakukan lompatan. Sehingga pilihan D salah.

Jawabannya

pada gerakan jalan cepat posisi kaki harus

Posisi kaki saat berjalan πŸšΆβ€β™‚οΈ (C) salah satu kaki harus selalu kontak / bersentuhan dengan tanah. βœ…

Jalan dan lari kata kunci utamanya terdapat pada bagaimana menapakan kaki di tanah.

Jawaban soal ini terdapat pada halaman 112 dalam buku cetak PJOK kelas 7, tentang Aktivitas pembelajaran atletik melalui jalan cepat.

pada gerakan jalan cepat posisi kaki harus

Di atas dijelaskan bahwa sekurang-kurangnya salah satu kaki kir atau kanan harus menginjak pada tanah. Sehingga dari 4 pilihan yang tersedia, jawaban yang benar adalah C.

βœ… Jawaban telah dikoreksi berdasarkan referensi yang disebutkan, telah dinilai dan dinyatakan BENAR. πŸšΆβ€β™‚οΈ

Tinggalkan komentar