Menu Tutup

3. Pada gerakan guling ke depan ketika panggul menyentuh matras, peganglah tulang kering dengan kedua tangan menuju posisi (C)

Pada gerakan / teknik guling ke depan (Forward Roll) ketika panggul menyentuh matras, peganglah kedua tulang kering dengan 2 tangan menuju ke posisi (C) berjongkok.

Gerakan berguling depan terdiri dari 2 macam sikap awal jongkok dan berdiri, namun sikap agar badan dapat menggelinding tangan akan berpegangan erat pada tulang kering kaki ke sikap jongkok. Begitupun, dengan awalan berdiri, setelah menarik tulang kering harus berjongkok dahulu untuk mengguling badan, dan menyeimbangkan tubuh agar nanti bisa berdiri.

Pada gerakan guling ke depan ketika panggul menyentuh matras peganglah tulang kering dengan 2 tangan menuju posisi

a. Berdiri.

b. Duduk.

c. Berjongkok.

d. Berbaring.

Penjelasan

pada gerakan guling ke depan ketika panggul menyentuh matras peganglah tulang kering dengan 2 tangan menuju posisi
  • Berdiri : salah.

Sebab dalam posisi menuju berdiri, gerakan yang dilakukan tidak memegangi tulang kering. Jika mengacu pada soal di atas dan mengambil sikap awalan berdiri yang mengakibatkan jatuh.

Maka saat akan menuju posisi berdiri, kedua tangan diluruskan ke depan, dengan lutut ditekuk untuk mejaga keseimbangan badan, dan menjadi kuda-kuda untuk menjadi tumpuan bagian atas tubuh saat diangkat dalam posisi jongkok.

  • Duduk: salah.

Gerakan sikap duduk dalam senam lantai merupakan latihan untuk mengukur keseimbangan. Terutama saat badan jatuh, atau berguling agar tidak berbelok ke samping kanan maupun kiri.

Sedangkan dalam langkahnya, gerakan mengguling ke depan setalah punggung menyentuh matras, langsung menuju ke posisi jongkok bukan berhenti dahulu di posisi duduk.

  • Berjongkok : benar.

Gerakan memegangi tulang kering, dengan merapatkan kedua kaki, akan dijadikan pegangan / tumpuan agar badan bagian atas bisa terangkat menuju ke posisi jongkok.

Setelah badan kita menggelinding, cara untuk mengangkatnya dengan memegang tulang kering dan menariknya agar badan bisa jongkok.

Entah itu, gerakan guling ke depan membulat dengan sikap awalan jongkok maupun berdiri posisisnya tetap sama. Sebab gerakan yang dijelaskan pada soal ini berada di tengah-tengah.

  • Berbaring : salah.

Pada saat kita menyentuh tulang kering, justru posisi kita sudah berbaring, sehingga tidak mungkin berbaring lagi.

Jawabannya

Pada gerakan guling ke depan ketika panggul menyentuh matras peganglah tulang kering dengan 2 tangan menuju posisi

✅ Sikap (C) berjongkok. 🥇

Untuk soal no 3 Bab 6 PJOK kelas 7 di atas kalau disederhanakan maksudnya: dalam gerakan guling ke depan, saat panggul menyentuh matras, dari kondisi berbaring kita pegang tulang kering menuju ke posisi?

Berdasarkan:

  • Buku cetak, halaman 213, pada gerak mengguling ke depan pada sikap awal jongkok dalam langakah ke 5.
  • Lalu pada halaman yang sama, namun dengan sikap awal berdiri pada poin ke 3.
  • Pada penjelasan yang sudah diterangkan di atas.

Jawaban soal Tugas Individu no 3 Bab 6 tentang Senam Lantai, dijelaskan langkah melakukan gerakan mengguling membulat ke depan dengan sikap awal jongkok. Pada poin langkah ke 5 dan ilustrasi ke 3.

pada gerakan guling ke depan ketika panggul menyentuh matras peganglah tulang kering dengan 2 tangan menuju posisi

Dengan ini, kami nyatakan bahwa jawaban soal no 3 Bab 6 PJOK kelas 7, jawabannya adalah (C) berjongkok.
Telah dicek ahli 👩‍🏫 dan dinyatakan benar. ✅

Pada gerakan guling ke depan ketika panggul menyentuh matras, peganglah tulang kering dengan kedua tangan menuju posisi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *