9. Obat yang digunakan untuk mempercepat penyembuhan pada luka yang ringan seperti tersayat benda tajam dan menghindarkan luka dari kotoran agar tidak infeksi adalah (A)

Obat yang digunakan untuk mempercepat proses penyembuhan pada luka yang ringan seperti tersayat benda tajam dan menghindarkan / mencegah luka dari kotoran agar tidak infeksi adalah (A) betadine.

Sebab, betadine mengandung zat povidone iodine, yang berfungsi untuk menghambat pertumbuhan bakteri, virus ataupun jamur yang menjadi penyebab infeksi pada luka.

Pada kasus luka ringan, contohnya sayatan, tersandung dan lain sebagainya, umumnya digunakan dua jenis obat yaitu (1) obat merah atau mercuroschroom, dan (2) Betadine.

Kedua jenis obat tersebut memiliki fungsi yang sama menghambat pertumbuhan bakteri, jamur dan virus yang biasanya ada pada kotoran yang menempel pada luka.

Obat yang digunakan untuk mempercepat penyembuhan pada luka yang ringan seperti tersayat benda tajam dan menghindarkan luka dari kotoran agar tidak infeksi adalah . . . .

a. betadin. ✅

c. balsem.

b. salep minyak ikan.

d. mentega.

Penjelasan

Maksud soal: mencegah iriratas pada luka ringan.

Kata kunci: obat luka ringan mencegah iritasi.

  • Jawaban A benar.

Sebab, betadine terdiri dari bahan antiseptic yang buat untuk melemahkan dan menghambat pertumbuhan jamur, baketeri atau virus yang biasanya terbawa oleh kotoran pada luka seperti sayatan.

Karena terhambatnya atau terbunuhnya pertumbuhan jamur dan lainnya maka akan terhindari dari infeksi.

  • Kalau balsam sudah pasti salah

Coba bayangin waktu kita ke sayat misal kena pisau saat mengiris bawang, ap akita terus kita kasih balsam ?. Gak kan?.

Sebab kita taju fungsi balsam untuk membantu merredakan atau melemaskan otot-otot yang kaku.

  • Sama juga dengan salep minyak ikan salah.

Sebab, fungsinya untuk membantu mencegah iritasi dam proses penyembuhan akibat luka bakar, bukan untuk luka ringan.

  • Sedangkan mentega salah.

Sebab mentega digunakan untuk membuat kue bukan luka. Pemberian mentega justru dapat menyebabkan peradangan dan iritasi yang memperparah luka.

Jawabannya

Obat yang digunakan untuk mempercepat penyembuhan pada luka yang ringan seperti tersayat benda tajam dan menghindarkan luka dari kotoran agar tidak infeksi adalah

Obat untuk luka sayatan dan menghindari infeksi adalah (A) Betadine, sebab betadine bersisi antisepik yang menghambat pertumbuhan jasmur, bakteri serta virus penyebab infeksi.

Jawaban di atas diambil dari buku paket kelas 9 pada halaman 193.

Obat yang digunakan untuk mempercepat penyembuhan pada luka yang ringan seperti tersayat benda tajam dan menghindarkan luka dari kotoran agar tidak infeksi adalah

Dahlah dijamin BENAR, ngab…

Tinggalkan komentar