Meyakini keberadaan kitab-kitab Allah merupakan perkara yang sangat penting bagi umat Islam, Sebagai orang yang beriman kepada kitab Allah berarti kita harus (B)

Meyakini keberadaan kitab-kitab suci Allah merupakan perkara yang sangat penting bagi umat Islam, Sebagai orang yang beriman kepada kitab Allah berarti kita harus (B) percaya bahwa kitab-kitab itu betul-betul diturunkan dari Allah SWT.

Sebab, berimana berarti percaya, yakin dengan sepenuh hati. Maknaya kita harus percaya pada kitab-kitab Allah yang terdiri dari:

  1. Taurat : diwahyukan kepada nabi Musa Saw pada abad ke-12 SM, untuk berdakwah serta pedoman untuk Bani Israil pada masa tersebut. Dengan ajaran dari nabi Musa, Bani Israil selamat dari kejaran Fir’aun.
  2. Zabur : diwahyukan kepada nabi Daud Saw pada abad ke-10 SM, juga untuk bangsa Bani Israil atau yahudi.
  3. Injil : diwahyukan kepada nabi Isa AS pada abad 1 Masehi, sebagai pedoman bagi kaum Nasrani.
  4. Al-Qur’an : diwahyukan kepada Nabi Muhamad Saw, sebagai kitab pernyempurnaan dari kitab-kitab sebelumnya.

Meyakini keberadaan kitab-kitab Allah merupakan perkara yang sangat penting bagi umat Islam, Sebagai orang yang beriman kepada kitab Allah berarti kita harus….

a. mempercayai dan mengamalkan semua isi kitab Allah Swt.

b. percaya bahwa kitab-kitab itu betul-betul dari Allah Swt.

c. percaya dan mengamalkan semua kitab-kitab yang ada.

d. menganggap bahwa al-Qur’an saja yang perlu dipercayai.

Jawabannya

  • Maksud soal: sikap kita sebagai seorang yang beriman pada kitab Allah.
  • Kata kunci: kewajiban kita sebagai orang beriman kepada 4 kitab Allah.
  • Jawaban yang benar adalah B.

Karena beriman berasal dari kata iman yang secara harfiah artinya percaya, sehingga kita harus pecaya bahwa kitab Taurat, Zabur, Injil serta Al-Qur’an adalah kitab yang berasal dari Allah Swt.

  • Sedangkan jawaban A, C, dan D salah.

Mengamalkan salah, karena kitab-kitab suci Allah seperti Taurat, Zabur, dan Injil diturunkan sesuai dengan zamannya. Sehingga, sehingga tidak akan sesuai bila diteapkan pada zaman sekarang.  Maka tidak semua bisa di amalkan kecuali Al-Qur’an yang merupakan penyempurnaan dari kitab-kitab sebelumnya.

Sehingga jawaban yang ada mengamalkan salah, berarti A dan C salah.

Kemudian D salah, sebab kitab suci Allah ada 4, kalau kita percaya satu saja berarti kita tidak sepenuhnya percaya pada kitab Allah. Sehingga bukan merupakan perilaku yang beriman.

Jawabannya

Meyakini keberadaan kitab-kitab Allah merupakan perkara yang sangat penting bagi umat Islam, Sebagai orang yang beriman kepada kitab Allah berarti kita harus

(B) percaya bahwa kitab-kitab itu (Taurat, Zabur, Injil dan Al-Quran) betul-betul berasal dari Allah Swt, sebab beriman artinya percaya, maka kita harus percaya terhadap kitab tersebut yang diturunkan kepada para nabi dan rasul sebagai pedoman dan ajaran pada zamannya.

Jawaban mengutip dari penjelasan dalam buku paket di bawah ini:

Meyakini keberadaan kitab-kitab Allah merupakan perkara yang sangat penting bagi umat Islam, Sebagai orang yang beriman kepada kitab Allah berarti kita harus

Jawabannya BENAR.

Tinggalkan komentar