Meyakini dalam hati mengucapkan dengan lisan dan mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari adalah arti dari (A)

Meyakini dalam hati, mengucapkan dengan lisan, dan mengamalkan dalam perbuatan kehidupan sehari-hari adalah arti / pengertian dari (A) iman.

Karena, secara harfiah iman berarti percaya, sedangkan pengertian iman secara istilah adalah percaya dan meyakini dengan sepenuh hati, mengucapkannya dengan lisan, dan membuktikan dengan perbuatan.

Contohnya: kita beriman kepapa Allah, berarti kita percaya pada Allah, contoh perilakunya dengan Sholat, Puasa dan lain sebagainya.

Meyakini dalam hati, mengucapkan dengan lisan, dan mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari adalah arti dari

A. iman. ✅

B. islam.

C. ihsan.

D. takwa.

Penjelasan

  • Maksud soal: yakin / percaya dalam hati, lisan dan perbuatan adalah pengertian?.
  • Kata kunci: meyakini.
  • Jawaban yang benar adalah A.

Karena iman artinya percaya / yakin. Meyakini tersebut bukan hanya dengan mengucapkannya, namun juga dari hati, lisan, dan juga perbuatan yang kita lakukan dalam kehidupan sehari-hari.

Seorang yang beriman kepada Allah, tentunya akan menjalankan sholat 5 waktu, seorang yang beriman kepada Al-Qur’an tentunya yakin terhadap kebenaran yang diterangkan pada ayat-ayatnya.

  • Sedangkan B, C, dan D salah.

Karena, islam berasal dari kata “aslama”, “yuslimu”, “islaaman” artinya patuh atau tunduk. Sedangkan yang dimaksud soal adalah yakin bukan tunduk maupun patuh. Maka B salah.

Kemudian Ihsan secara harfiah berarti kebaikan sebagai perilaku, orang yang baik akhlaknya disebut ikhsan. Namun yang ditanya dalam soal bukan orang yang baik perilakunya melainkan keyakinan dalam meyakini sesuatu tersebut. Maka C salah.

Sedangkan Takwa artinya menjalankan perintah dan menjauhi laranganNya. Namun yang ditanya pada soal adalah yakin / percaya. Sehingga jawaban D juga salah.

Jawabannya

Meyakini dalam hati mengucapkan dengan lisan dan mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari adalah arti dari

(A) iman, sebab pengertian iman dari segi harfiah artinya percaya / yakin, sedangkan secara istilah berarti meyakini sepenuh hati, mengucapkan dengan lisan, dan membuktikan keyakinan tersebut dalam perbuatan.

Jawaban ini dikutip dari buku paket kelas 7 pada halaman 3 di bawah ini.

Meyakini dalam hati mengucapkan dengan lisan dan mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari adalah arti dari

Jawaban telah sesuai dengan apa yang tertera di buku sehingga diverifikasi BENAR.

Tinggalkan komentar