Menurut waktu penyelenggaraannya, jenis pasar ada pasar harian, pasar mingguan, pasar bulanan dan pasar tahunan, Jenis pasar yang melakukan kegiatannya setiap hari dengan menjual barang- barang kebutuhan pokok, Jenis pasar tersebut dinamakan (B)

Menurut waktu penyelenggaraannya, jenis pasar terdiri dari 4 macam yaitu ada pasar harian, pasar mingguan, pasar bulanan dan pasar tahunan, Jenis pasar yang melakukan kegiatannya setiap hari dengan menjual barang- barang kebutuhan pokok, Jenis pasar tersebut dinamakan (B) Pasar harian.

Sebabm pasar harian adalah pasar yang beroperasi setiap hari, dan biasanya menjual barang-barang kebutuhan pokok sehari-hari.

Ada 4 macam jenis pasar menurut waktu penyelenggaraan yaitu:

  • Pasar harian: pasar yang dilakukan setiap hari, dan menjual bahan-bahan pokok sehari-hari. Contohnya: Pasar Induk di kota kalian, kalau di kebumen, pasar induknya adalah Pasar Tumenggungan.
  • Pasar mingguan: pasar yang kegiatannya dilakukan setiap seminggu sekali. Contohnya: Pasar Rebu, Pasar Kamis, Pasar Jum’at dll.
  • Pasar bulanan: pasar yang beroperasi sebulan sekali. Contohnya: psar yang muncul di depan kantor pos, ketika waktu pembayaran pension.
  • Pasar tahunan: pasar yang kegiatannya setahun sekali. Contohnya: PRJ (Pekan Raya Jakarta), Pasar Malam Sekatenan di Solo.

Nah, sekarang udaha da gambaran kan? Bahwa jenis pasar menurut penyelenggarannya, memiliki nama yang sama. Pasar harian beroperasi setiap hari, dst.

Menurut waktu penyelenggaraannya, jenis pasar ada pasar harian, pasar mingguan, pasar bulanan dan pasar tahunan, Jenis pasar yang melakukan kegiatannya setiap hari dengan menjual barang- barang kebutuhan pokok, Jenis pasar tersebut dinamakan ….

a. Pasar tahunan.

b. Pasar harian.

c. Pasar mingguan.

d. Pasar bulanan.

Penjelasan

Maksud soal: pasar yang kegiatannya setiap hari.

Kata kunci: pasar yang kegiatand ilakukan setiap hari.

  • Jawaban yang benar adalah B.

Karena pada soal menyebutkan bahwa pasar tersebut berkegiatan setiap hari, yang berarti jenis pasar tersebut adalah pasar harian. Diperjelas dengan kegiatan menjual barang kebutuhan pokok, yang artinya barang kebutuhan pokok sehari-hari, makanya beroperasi setiap hari.

  • Sedangkan A, C, dan D salah.

Karena pasar tersebut tidak menyebutkan beroperasi setiap minggu, bulan dan tahun. Makanya sudah pasti salah.

Jawabannya

Menurut waktu penyelenggaraannya, jenis pasar ada pasar harian, pasar mingguan, pasar bulanan dan pasar tahunan, Jenis pasar yang melakukan kegiatannya setiap hari dengan menjual barang- barang kebutuhan pokok, Jenis pasar tersebut dinamakan

(B) Pasar harian, sebab pasar tersebut melakukan kegiatan setiap hari dan menjual bahan kebutuhan pokok sehari-hari.

Penjelasan mengenai materinya ada dalam buku paket kelas 7 halaman 167.

Menurut waktu penyelenggaraannya, jenis pasar ada pasar harian, pasar mingguan, pasar bulanan dan pasar tahunan, Jenis pasar yang melakukan kegiatannya setiap hari dengan menjual barang- barang kebutuhan pokok, Jenis pasar tersebut dinamakan

Jawaban diverifikasi BENAR.

Tinggalkan komentar