Menurut Anda, apa yang harus dilakukan pemerintah dalam menyelesaikan persoalan pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban sebagai warga negara ? (Jawabannya)

Menurut Anda, apa yang harus dilakukan pemerintah dalam menyelesaikan persoalan pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban sebagai warga negara ?, pemerintah harus mencegah segala faktor yang menyebabkan terjadi pelanggaran tersebut.

Penyebab terjadinya pelanggaran hak dan kewajiban warga negara karena faktor internal seperti sikap egois, dan faktor eksternal seperti penyalahgunaan kekuasaan.

Faktor-faktor tersebut harus dicegah, sehingga pelanggaran bisa berkurang atau diminimalisir, hingga dihilangkan.

Menurut Anda, apa yang harus dilakukan pemerintah dalam menyelesaikan persoalan pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban sebagai warga negara ?

Menurut saya yang harus dilakukan oleh pemerintah dalam menyelesaikan persoalan pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara adalah sebagai berikut:

  • Supremasi hukum dan demokrasi harus ditegakkan.

Supremasi hukum adalah upaya menempatkan hukum pada kedudukan tertinggi. Semua sama di mata hukum. Tidak peduli apakah itu lapisan pejabat, maupun rakyat. Dengan supremasi hukum, berarti hukum dan keadilan dapat ditegakan.

Misalnya, pencuri uang negara triliunan di hukum sesuai dengan besarnya pelanggaran yang dilakukannya, tidak sama dengan pencuri pisang.

Dengan adanya supremasi hukum, maka akan mencegah pelanggaran sebab hukum ditegakan dengan seadil-adilnya.

Kemudian dekomrasi berarti dari rakyat, oleh rakyat dan untuk rakat. Dengan mengedepankan kepentingan bersama.

  • Mengoptimalkan peran lembaga-lembaga selain lembaga tinggi negara yang berwenang dalam penegakan hak dan kewajiban warga negara.

Lembaga-lembaga seperti KPK, Komnas HAM juga harus turut aktif dalam menangani bebabgai permasalahan pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara.

  • Meningkatkan kualitas pelayanan publik untuk mencegah terjadinya berbagai bentuk pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban warga negara oleh pemerintah.
  • Meningkatkan pengawasan dari masyarakat dan lembaga-lembaga politik terhadap setiap upaya penegakan hak dan kewajiban warga negara.
  • Meningkatkan penyebarluasan prinsip-prinsip kesadaran bernegara kepada masyarakat melalui lembaga pendidikan formal (sekolah/perguruan tinggi) maupun non-formal (kegiatan-kegiatan keagamaan dan kursus-kursus).
  • Meningkatkan profesionalisme lembaga keamanan dan pertahanan negara.
  • Meningkatkan kerja sama yang harmonis antarkelompok atau golongan dalam masyarakat agar mampu saling memahami dan menghormati keyakinan dan pendapat masing-masing.

Itulah bebagai upaya yang harus dilakukan dalam menanangani berbagai permasalahan mengenai pelanggaran hak, dan pengingaran kewajiban.

Jawabannya

Menurut Anda, apa yang harus dilakukan pemerintah dalam menyelesaikan persoalan pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban sebagai warga negara

Yang harus dilakukan oleh pemerintah untuk menyelesaiakn perosalan pelanggaran hak dan juga pengingkaran kewajiban warga negara yaitu melakukan upaya sebagai berikut:

Menurut Anda, apa yang harus dilakukan pemerintah dalam menyelesaikan persoalan pelanggaran hak dan pengingkaran kewajiban sebagai warga negara

Jawaban dinilai BENAR. Skor maksimal 11 apabila menyebutkan 11 upaya.

Tinggalkan komentar