Mengapa terjadi pelanggaran hukum ? (Jawabannya)

Mengapa terjadi pelanggaran hukum ? Jawabannya: (1) Pelanggaran hukum yang dilakukan oleh pelanggar sudah menjadi kebiasaan, (2) Hukum yang berlaku sudah tidak sesuai lagi dengan tuntutan kehidupan, (3) Ketidaktegasan aparat / lembaga hukum dalam menegakan hukum.

Pelanggaran hukum adalah perbuatan melawan hukum. Hukum dalam hal ini berarti peraturan yang berlaku. Tindakan orang tersebut tidak sesuai atau bertentangan dengan aturan-aturan yang berlaku.

Sudah menjadi kebiasaan seperti, misalnya saja si Budi sudah terbiasa mencontek, jadi apabila ada ulangan ia selalu mempersiapkan contekan dan melakukan tindakan yang sudah menjadi kebiasaannya.

Tidak sesuai dengan tuntutan kehidupan misalnya, tidak boleh menggunakan handphone saat pelajaran, namun karena kehidupan telah berubah ke zaman teknologi, penggunaan smartphone justru diwajibkan karena sebagai sarana belajar terutama pembelajaran online.

Tidaktegasan aparat penegak hukum, misalnya korupsi, orang yang melakukan korupsi triliunan hukumannya lebih ringan disbanding yang misalnya mencuri misalnya ayam. Makanya tindakan tersebut terus menerus terulang.

Mengapa terjadi pelanggaran hukum ?

Jawabannya: Pelanggaran hukum merupakan bentuk ketidakpatuhan terhadap hukum, tindakan tersebut bertentangan dengan aturan-aturan yang berlaku, hal ini disebabkan oleh 3 faktor yaitu:

  1. Pelanggaran hukum oleh si pelanggar sudah dianggap sebagai kebiasaan.
  2. Hukum yang berlaku sudah tidak sesuai lagi dengan tuntutan kehidupan.
  3. Ketidaktegasan aparat hukum terhadap pelaku.
Mengapa terjadi pelanggaran hukum

Itulah jawabannya cuy. Kalau melihat pada kunci jawaban guru ada 3. Pada intinya bisa disebabkan oleh kebiasaan, hukum tersebut sudah tidak sesuai dengan perkembangan kehidupan, atau karena ketidaktegasan dalam penegakan hukum.

Jawabannya

Mengapa terjadi pelanggaran hukum

Berikut ini 3 faktor penyebab pelanggaran terhadap hukum:

Mengapa terjadi pelanggaran hukum

Jawaban di atas dikutip dari kata kunci jawaban guru.

Skor maksimal 3 apabila menyebutkan 3 macam.

Tinggalkan komentar