Mengapa pertahanan negara termasuk bidang pemerintahan yang tidak diotonomikan kepada pemerintahan daerah ? (Jawabannya)

Mengapa pertahanan negara termasuk bidang pemerintahan yang tidak diotonomikan kepada pemerintahan daerah ? berikut penjelasan dan pembahasannya.

Otonomi daerah berarti memberikan hak, wewenang dan kewajiban daerah otonom untuk mengurusi sendiri daerahnya.

Nah, jadi pada intinya daerah diberi kewenangan oleh pusat untuk mengrususi rumah tangganya sendiri (daerahnya). Maka lingkup wewenangnya adalah di daerah tersebut.

Namun kalau urusan pertahanan negara, ini udah lingkupnya negara / nasional jadi bukan urusan daerah otonom.

Nah, yang dimaksud urusan pertahanan negara itu seperti membetuk Angkatan bersenjata, menyatakan damai / perang dan lain sebagainya.

Mengapa pertahanan negara termasuk bidang pemerintahan yang tidak diotonomikan kepada pemerintahan daerah ?

Jawab:

Karena apabila setiap daerah diberi otonomi untuk mengatur pertahanan maka akan menciptakan organisasi pertahanan sendiri, seperti angkatan bersenjata, menyatakan perang dan lain sebagainya yang apabila kurang koordinasi dengan pusat, konflik kepentingan dan penyalahgunaan wewenang dapat beresiko digunakan untuk melawan pemerintahan pusat, memecah persatuan dan kesatuan bangsa.

Sehingga pertahanan negara karena lingkupnya nasional, termasuk urusan absolut yang sepenuhnya menjadi kewenangan Pemerintah Pusat.

Begitulah jawabannya teman-teman. Di dalam uu omor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah. Disebutkan bahwa urusan pemerintahan ada 3, absolut, konkuren, dan umum.

Urusan absolut ini adalah sepenuhnya menjadi kewenangan dari pemerintahan pusat antara lain pertahanan, politik luar negeri, keamanan, politik luar negeri, agama, yustisi moneter dan fiskal nasional.

Kalau kita cermati makna kata otonomi berarti pemerintahan sendiri. Kewenangannya mengurusi urusan daerah. Lingkupnya daerah. Pertahanan negara lingkupnya udah nasional, jadi berarti menjadi urusan pemerintahan pusat.

Alannya seperti yang disebutkan di atas, karena kalau tiap daerah dapat mengatur, dan membentuk kekuatan militer sendiri, dapat terjadi perpecahan antar daerah, dan ditakutkan akan digunakan sebagai kekuatan untuk melawan negara.

Kata kunci

Mengapa pertahanan negara termasuk bidang pemerintahan yang tidak diotonomikan kepada pemerintahan daerah

Demikianlah jawabannya mengapa tidak diotonomikan kepada daerah: ✌👩‍🏫

Mengapa pertahanan negara termasuk bidang pemerintahan yang tidak diotonomikan kepada pemerintahan daerah

Kebijakan masing-masing guru pembimbing 👩‍🏫

Tinggalkan komentar