Mengapa Pendidikan Kewarganegaraan dan Pengabdian sesuai dengan Profesi merupakan salah satu bentuk bela negara menurut UU Nomor 3 Tahun 2002 ? (Jawabannya)

Mengapa Pendidikan Kewarganegaraan dan Pengabdian sesuai dengan Profesi merupakan salah satu bentuk bela negara menurut UU Nomor 3 Tahun 2002 ? berikut pembahasan dan penjelasannya.

Di dalam UU Nomor 3 Tahun 2002 pada pasal 9 ayat 1: “Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya bela negara yang diwujudkan dalam penyelenggaraan pertahanan negara.”

Keikutsertaan yang dimaksud, diselenggarakan melalui:

  • pendidikan kewarganegaraan;
  • pelatihan dasar kemiliteran secara wajib;
  • pengabdian sebagai prajurit Tentara Nasional Indonesia secara sukarela atau secara wajib; dan
  • pengabdian sesuai dengan profesi.

Mengapa Pendidikan Kewarganegaraan dan Pengabdian sesuai dengan Profesi merupakan salah satu bentuk bela negara menurut UU Nomor 3 Tahun 2002 ?

Jawab:

Pendidikan Kewarganegaraan termasuk bentuk bela negara karena membentuk bangsa Indonesia menjadi manusia yang memiliki rasa kebangsaan dan cinta tanah air. Pendidikan Kewarganegaraan merupakan mata pelajaran yang memiliki fokus pembelajaran pada pembekalan pengetahuan, pembinaan sikap, perilaku, dan pelatihan keterampilan sebagai warga negara yang demokratis, taat hukum dalam kehidupan bermasyarakat, mengacu pada kompetensi Kewarganegaraan, yaitu:

  • pengetahuan kewarganegaraan (civic knowledge);
  • keterampilan kewarganegaraan (civic skills);
  • watak-watak kewarganegaraan (civic disposition)

Pengabdian sesuai dengan profesi termasuk bentuk bela negara karena merupakan pengabdian yang dapat dilakukan oleh semua warga negara yang sesuai dengan profesi dan kemampuan yang dimilikinya yang dilandasi kesadaran akan cinta tanah air serta semangat rela berkorban untuk kepentingan dan kemajuan bangsa termasuk dalam menanggulangi dan atau memperkecil akibat yang ditimbulkan oleh perang, bencana alam, dan bencana lainnya.

Begitulah jawabannya teman-teman. Dalam belajar online kali ini, kata kuncinya adalah bela negara. Pendidikan kewarganegaraan seperti yang diajarkan disekolah termasuk bentuk bela negara.

Karena dengan PKN, kita jadi tahu pengetahuan tentang negara kita, membina sikap kita sebagai warga negara, dan lain sebagainya. Kamu jadi tahu misalnya negara kita itu beragam banget ya, dari suku, bahasa, hingga agama yang rentan terpecah belah.

Maka membuat kita jadi sadar untuk bersikap saling menghargai agar kemerdekaan yang telah diperjuangan oleh para pahlawan kita dapat kita jaga. Kita kan tinggal menjaga keutuan negara, gak ada perang2 lagi.

Kata kunci

Mengapa Pendidikan Kewarganegaraan dan Pengabdian sesuai dengan Profesi merupakan salah satu bentuk bela negara menurut UU Nomor 3 Tahun 2002

Berikut keterangan dalam buku paket kelas 9 pada halaman 176-177: 👍🚶‍♂️👨‍🏫

Mengapa Pendidikan Kewarganegaraan dan Pengabdian sesuai dengan Profesi merupakan salah satu bentuk bela negara menurut UU Nomor 3 Tahun 2002

Kebijakan masing-masing guru pembimbing 👩‍🏫

Tinggalkan komentar