Mengapa pada negara yang multikultural (multy cultural), seperti Indonesia, konsep integrasi bangsa menjadi prasyarat utama untuk terciptanya persatuan dan kesatuan bangsa, Jelaskan pendapat Anda ! (Jawabannya)

Mengapa pada negara yang multikultural (multy cultural), seperti Indonesia, konsep integrasi bangsa menjadi prasyarat utama untuk terciptanya persatuan dan kesatuan bangsa, Jelaskan pendapat Anda ! berikut alasan mengapa dan penjelasannya.

Multi artinya lebih dari satu atau banyak, sedangkan cultural berarti budaya. Jadi memiliki banyak / beragam budaya.

Integrasi berarti penyatuan dari berbagai unsur yang menjadi satu kesatuan hingga menjadi bulat dan utuh. Misalnya, penyatuan dari berbagai budaya, bahasa, suku, ras agama dan lain sebagainya.

Lalu alasannya apa kenapa integrasi menjadi prasyarat utama dalam persatuan dan kesatuan di dalam negara yang beragam akan budaya.

Mengapa pada negara yang multikultural (multy cultural), seperti Indonesia, konsep integrasi bangsa menjadi prasyarat utama untuk terciptanya persatuan dan kesatuan bangsa, Jelaskan pendapat Anda !

Jawab:

Pada negara yang multikultural atau majemuk seperti negara Indonesia integrasi nasional menjadi prasyarat utama bagi terciptanya persatuan dan kesatuan bangsa. Hal ini karena integrasi nasional merupakan proses penyatuan suatu bangsa yang mencakup semua aspek kehidupannya, yaitu aspek ideologi, sosial, politik, ekonomi, dan budaya serta pertahanan dan keamanan, di samping integrasi nasional juga dimaksudkan untuk mencegah terjadinya konflik secara nasional, terutama konflik yang bersifat horisontal antara satu suku bangsa dan suku bangsa lainnya.

Begitulah jawabannya. Jadi pada intinya dalam belajar online kali ini, prasyarat berarti syarat yang harus dipenuhi agar persatuan dan kesatuan dapat terwujud.

Nah, agar terwujud tentunya perlu penyatuan / penggabungan dari berbagai kebergaman yang ada dalam suatu negara agar bisa bersatu. Kalau dari berbagai budaya yang ada dalam masyarakat yang berbeda-beda tidak dapat menyatu menjadi satu kesatuan, maka tidak akan tercipta persatuan dan kesatuan dalam suatu negara yang multi kultural.

Di samping itu, integrasi juga penting karena akan mencegah munculnya konflik horizontal. Misalnya sama-sama suku dalam suatu negara, sama-sama agam dalam suatu negara, dan lain sebagainya.

Kunci Jawaban

Mengapa pada negara yang multikultural (multy cultural), seperti Indonesia, konsep integrasi bangsa menjadi prasyarat utama untuk terciptanya persatuan dan kesatuan bangsa, Jelaskan pendapat Anda

Berikut ini kunci jawaban yang benar mengenai mengapa dan penjelasannya, serta skor penilaiannya: ✌👍👇

Mengapa pada negara yang multikultural (multy cultural), seperti Indonesia, konsep integrasi bangsa menjadi prasyarat utama untuk terciptanya persatuan dan kesatuan bangsa, Jelaskan pendapat Anda

Jawaban diverifikasi BENAR 💯

Tinggalkan komentar