Menu Tutup

Mengapa manusia perlu aturan ? (Jawabannya)

Mengapa manusia perlu aturan ? Berikut ini penjelasan, pembahasna dan kunci jawaban kenapa kita memerlukan aturan dalam kehidupan.

Aturan adalah tindakan atau perbuatan yang harus dijalankan, yang berupa perintah maupun larangan. Aturan ini bisa berasal dari Allah, Nabi, Pemimpin / Ulil Amri, maupun yang lainnya.

Dalam kehidupan kita di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara terdapat aturan, di sekolah, di rumah maupun di dalam masayrakat juga terdapat aturan yang tertulis maupun tidak tertulis.

Tujuan dari dibuatnya aturan adalah agar terjadi ketertiban dan ketenteraman. Oleh karena itu, wajib hukumnya kita menaati aturan yang berlaku.

Mengapa manusia perlu aturan ?

Jawab:

  1. Karena aturan menjadikan hidup ini tertib, damai, tentram, dan bahagia.
  2. Karena aturan dapat mengatur kepentingan-kepentingan tiap manusia yang berbebda-beda agar tidak terjadi perselisihan, pertiakian dan kekacauan.
  3. Karena aturan dapat menciptakan kehidupan agarmenjadi adil, tidak terjadi kecurangan.
  4. Karena aturan dapat memberikan petunjuk agar berjalan pada jalan yang lurus / kebenaran.
  5. Karena aturan adalah pedoman bagi kehidupan manusia agar selamat dan bahagai dunia akhirat.
  6. Karena aturan dapat mengatur manusia agar tidak berbuat semena-mena.
Mengapa manusia perlu aturan

Begitulah jawabannya teman-teman. Pada intinya aturan adalah ketentuan, petunjuk, perintah maupun larangan yang mengatur kehidupan manusia.

Jadi aturan bisa diibaratkan pedoman agar dapat hidup secara tertib dan damai. makanya dalam kehidupan kita ada banyak aturan.

Dan aturan yang paling tinggi adalah dari Allah Swt, berisi perintah dan larangan yang terdapat dalam al Qur’an sebagai pedoman hidup manusia, agar selamat / bahagua di dunia dan akhirat.

Berikut ini sedikit keterangan dalam buku paket kelas 11 terbitan kemendikbud.

Mengapa manusia perlu aturan

Kunci Jawaban

Mengapa manusia perlu aturan

Berikut ini penilaian skornya: 👩‍🏫✅

Mengapa manusia perlu aturan

Catatan: pada panduan penilaian skor soal ini, hanya menyebutkan 4 macam untuk memperoleh skor maksimal. Dalam buku paket tidak disebutakan secara spesifik. Maka soal ini mengajak kita untuk berfikir, kenapa kita memerlukan aturan?.

Kebijakan masing-masing guru pembimbing 👩‍🏫

Mengapa manusia perlu aturan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *