Mengapa kita harus jujur ? (Kunci Jawaban)

Mengapa kita harus jujur ? jujur berarti berkata sesuai kenyataan dan berperilaku sesuai dengan hati nurani / kebenaran.

Misalnya, kamu jujur kepada orangtua mengenai nilai ulangan matematika yang kamu peroleh. Atau dalam perilaku misalnya, saat ulangan kamu jujur akan kemampuanmu sendiri dengan tidak mencontek.

Perilaku jujur adalah perilaku yang baik / terpuji, dan memberikan dampak yang positif terhadap diri sendiri maupun orang lain.

Mengapa kita harus jujur ?

Jawab:

Kita harus jujur karena:

  1. Jujur adalah perbuatan yang baik, dan membawa kebaikan diri sendiri maupun orang lain.
  2. Jujur akan menjadikan kita orang yang dapat dipercaya sehingga akan memiliki banyak teman.
  3. Jujur merupakan adalah sikap yang sesuai dengan ajaran agama, sehingga akan mendekatkan kita kepada Tuhan.
  4. Jujur akan menjadikan hidup kita tenang.
  5. Jujur akan membawa kerukunan / keharmonisan.

Nah, begitulah jawabannya teman-teman. Belajar online kali ini, kata kuncinya ada pada alasan kenapa bersikap jujur baik berkata maupun berperilaku.

Misalnya saat kalian berkata kepada orangtua, atau guru, kalau kalian jujur maka kalian telah berbuat baik kepada orang lain.

Hal ini akan membawa kebaikan bagi dirimu maupun orang lain tersebut. Misalnya, dengan kamu jujur saat ulangan, seperti tidak mencontek.

Maka tindakan tersebut baik bagi dirimu, karena kamu jadi tahu sampai mana kemampuanmu. Di sisi lain gurumu menjadi tahu materi mana yang belum kamu pahami. Dan orangtuamu jadi tahu, mapel mana yang tidak kamu kuasai.

Kalau kalian bersikap jujur, maka kamu akan dipercaya oleh orang lain, misalnya temanmu, sehingga orang-orang akan mempercayiamu dan mau menjadi temanmu.

Sebab apabila kamu berbohong, maka hal itu sama saja menipu dan merugikan orang lain.

Mengapa kita harus jujur

Verifikasi

Mengapa kita harus jujur

Begitulah alasan kenapa harus jujur: ✅👍🙋‍♂️

Kebijakan masing-masing guru pembimbing 👩‍🏫

Tinggalkan komentar