Mengapa kita harus jadi pemaaf ! (Jawabannya)

Sebutkan manfaat dari sikap pemaaf ! pemaaf bearti memberi maaf kepada orang lain, suka memaafkan kesalahan orang lain tanpa sedikitpun rasa benci dan keinginan untuk membalasnya.

Di dalam surat Ali Imran ayat 134 disebutkan yang artinya:

“(yaitu) orang-orang yang menafkahkan (hartanya), baik di waktu lapang maupun sempit, dan orang orang yang menahan amarahnya dan memaafkan (kesalahan) orang. Allah menyukai orang-orang yang berbuat kebajikan.”

Hal ini berkaitan dengan ayat 133, mengenai orang yang bertakwa, maka berati pemaaf itu ciri dari orang yang takwa.

Kemudian Rasulullah bersabda: “Setiap manusia pernah melakukan kesalahan dan sebaik-baik pelaku kesalahan itu adalah orang yang segera bertobat kepada Allah Swt.”

Maka orang yang baik itu orang yang memberi maaf.

Mengapa kita harus jadi pemaaf ?

Jawab:

Sebab sikap pemaaf adalah sikap orang yang bertakwa sesauai dengan surat Ali Imrah ayat 134, serta sebaik-baik manusia adalah orang yang menyadari kesalahannya dan kemudian meminta maaf.

Begitulah jawabannya teman-teman. Belajar online kali ini, kata kuncinya ada pada alasan kenapa kita memiliki sikap pemaaf.

Sesuai surat di atas, dijelaskan bahwa pemaaf itu ciri dari orang takwa. Kemudian dalam hadis disebutkan, bahwa manusia itu tidak luput dari kesalahan, sehingga tidak mungkin lepas dari perbuatan salah.

Sehingga manusia yang baik itu bukan yang tidak pernah berbuat salah, karen hal ini tidak mungkin. Namun manusia yang baik itu adalah manusia yang menyadari kesalahannya kemudian bertobat / meminta maaf.

Verifikasi

Mengapa kita harus jadi pemaaf

Begitulah kenapa kita harus bersikap pemaaf: 🙋‍♂️✌️👍

Hal ini disebutkan di dalam buku paket kelamaan 197:

Mengapa kita harus jadi pemaaf

Maaf, Jawabannya belum dikoreksi 🙄

Tinggalkan komentar