5. Mengapa dalam melakukan tindakan ekonomi harus berpedoman pada prinsip ekonomi ! (Jawabannya)

Mengapa dalam melakukan tindakan ekonomi harus berpedoman pada prinsip ekonomi !, Jawabannya: karena dengan berpedoman pada prinsip ekonomi, maka tindakan ekonomi yang dilakukan dapat memperoleh hasil yang maksimal (efektif) dan pengorbanan waktu, tenaga, sumber daya seminimal mungkin (efisien).

Tindakan ekomomi adalah segala kegiatan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup. Tindakan-tindakan tersebut ada dalam kegiatan ekonimi: Produksi, Distribusi, dan Konsumsi.

Misalnya, tindakan ekonomi adalah membeli paket kuota internet unlimited sebulan. Paket internet yang dibeli tersebut berdasarkan oleh prinsip ekonomi, yaitu efektif dan efisien. Dengan memilih paket tersebut siswa tidak perlu takut kuotanya habis saat mengerjakan tugas, karena batas penggunaannya perbulan bukan berdasarkan jumlah kuota.

Tindakan dadalam contoh di atas adalah membeli paket data, sedangkan kegiatannya berupa konsumsi, dan prinsip ekonominya adalah pertimbangan / memilih paket data sesuai kebutuhan.

Mengapa dalam melakukan tindakan ekonomi harus berpedoman pada prinsip ekonomi!

Dalam melakukan tindakan ekonomi harus berpedoman pada prinsip ekonomi, agar memperoleh hasil sebaik mungkin (efektif) dan mengorbankan usaha, waktu, dan sumber daya sekecil mungkin (efisein).

Makanya, prinsip ekonomi menjadi dasar berfikir dalam melakukan tindakan ekonomi. Bayangkan bila, tindakan yang kita lakukan tidak berdasarkan prinsip ekonomi.

Misalnya, membeli sepatu sekolah merek Z, kita akan membeli di toko A, seharga 100ribu, lalu di toko B seharga 80riby, tentunya berdasarkan prinsip ekonomi kita akan memilih toko B karena sepatu dijual lebih murah.

Jawabannya

Mengapa dalam melakukan tindakan ekonomi harus berpedoman pada prinsip ekonomi

Sebab, dengan berpedoman pada prinsip ekonomi tindakan-tindakan ekomoni yang dilakukan akan mendapatkan hasil yang maksimal (efektif) dan pengorbanan waktu, tenaga, dan sumber daya yang dikeluarkan bisa diminimalisir (efisien).

Pada buku paket tidak ada keterengan secara khusus, kami hanya menganlisa berdasarkan pengertian dari prinsip ekonomi di bawah ini:

Mengapa dalam melakukan tindakan ekonomi harus berpedoman pada prinsip ekonomi

Maaf kalau BENAR.

Tinggalkan komentar