11. Mengapa alat pemuas kebutuhan sifatnya terbatas? (Jawabannya)

Mengapa alat pemuas kebutuhan sifatnya terbatas ?, Jawabannya: sebab (1) kebutuhan manusia terus bertambah (tidak terbatas), sedangkan barang-barang dan sumber daya alam terus berkurang (langka), (2) Sumber daya antara daerah satu dengan daerah lain tidak sama / tidak merata.

Kebutuhan manusia terus bertambah, pada zaman pra aksara, manusia memenuhi kebutuhan dengan cara berburu dan mengumpulkan makanan, hingga melakukan barter.

Namun pada zaman sekarang kebutuan terus bertambah, seperti kebutuhan Smartphone, Gadget, Laptop dan lain sebaginya. Namun di sisi lain, sumber daya untuk membuat alat pemuas kebutuhan tersebut terus berkurang.

Sedangkan di beberapa daerah kebutuhan alat pemuas kebutuhan tidak sama, dan merata, di suatu daerah apel dapat tumbuh dengan sumbur, namun tanaman lain akan sulit untuk dikembangbiakan.

Tidak terbatasnya kebutuhan manusia, seumber daya yang terus berkurang dan tidak merata tersebutlah yang menyebabkan terjadi kelangkaan (terbatanya alat pemuasa kebutuhan).

Mengapa alat pemuas kebutuhan sifatnya terbatas?

Alat pemuas kebutuhan sifatnya terbatas karena

  1. Kebutuhan manusia tidak terbatas, sedangkan barang dan jasa serta sumber daya alam terus berkurang / mengalami kelangkaan.
  2. Sumber daya antara daerah satu dengan yang lain tidak merata.

Dalam perkembangan zaman, kebutuhan manusia terus bertambah, pada zaman dulu tidak ada internet, namun sekarang orang membutuhkan kuota agar dapat memperoleh akses informasi di internet, untuk belajar, dan lain sebaginya.

Kebutuhan terus mengalami perkembangan, dari smarphone, laptop, computer, dan lain sebagainya. Di sisi lain, sumber daya untuk membuatnya diambil dari alam sehingga terus berkurang dan menyebabkan kelangkaan.

Lalu pada daerah satu dengan daerah lainnya, memiliki sumber daya yang tidak merata, di suatu daerah sinyal dapat diperoleh dengan mudah, namun di tempat lain, harus keluar rumah, agar memperoleh sinyal sehinga dapat mengakses internet.

Kebutuhan yang tidak terbatas sedangkan sumber daya terus berkurang, dan juga tidak merata inilah yang mengkibatkan kelangkaan (keterbatasan).

Jawabannya

Mengapa alat pemuas kebutuhan sifatnya terbatas

1. Kebutuhan manusia terus bertambah, namun sumber daya terus berkurang / langka.
2. Sumber daya antara daerah satu dengan yang lain tidak merata.

Jawaban dikutip berdasarkan penjelasan pada buku paket halaman 128 tentang Kelangkaan.

Mengapa alat pemuas kebutuhan sifatnya terbatas

Jawaban belum diverifikasi.

Tinggalkan komentar