12. Menciptakan kembali, mengembalikan sesuatu yang keluar atau hilang, merupakan makna dari Rekreasi

Menciptakan kembali, mengembalikan sesuatu yang telah keluar atau hilang, merupakan makna / pengertian lain dari (C) rekreasi.

Rekreasi diambil dari bahasa Inggris “re-creation”. Makna dari creat adalah membuat / menciptakan, dan re berarti ulang / kembali.

Sedangkan maksud kontotasinya adalah kesukaan, sebab pada umumnya jenis aktivitas gerak yang dilakukan adalah hobi atau kesukaan orang.

Karena hobi yang dilakukan, menggerakan badan maka masuk ke dalam jenis olahraga yang bernama rekreasi. Jenis olahraga ini berbeda degan yang lain karena pada umumnya dilakukan di tempat terbuka / alam seperti gunung, laut, danau, hingga gunung.

Contohnya: mendaki gunung, memancing, dharmawisata, penjelajahan dan lain sebagainya.

Walaupun dilakukan di tempat wisata, namun karena berada di alam, aktivitas yang dilakukan cukup berat, serta berbagai hambatan medan, maka sangat penting memperhatikan aspek perlatan, dan keamanan.

Menciptakan kembali mengembalikan sesuatu yang keluar atau hilang merupakan makna dari

a. kebugaran jasmani.

b. olahraga.

c. rekreasi.

d. gerak badan.

Penjelasan

menciptakan kembali mengembalikan sesuatu yang keluar atau hilang merupakan makna dari

Maksud soal: menciptakan, mengembalikan yg hilang adalah pengertian dari.

Kata kunci: mengembalikan.

Kebugaran jasmani maksudnya adalah kondisi atau keadaan tubuh yang segar / prima, akibat istirahat yang cukup, makan yang bergizi, dan tentunya olahraga teratur.

Karena berbeda dengan maksud soal. Sehingga jawaban A salah.

Kondisi ini, biasanya terjadi setelah kita bangun tidur, karena telah berolahraga dengan baik, makan yang cukup, dan energi kembali setelah beristirahat.

Makna dari olahraga adalah melakukan gerak tubuh untuk mencapai kebugaran dan keseahatan jasmani. Karena tidak sesuai dengan maksud soal sehingga B salah.

Rekreasi adalah kata serapan dari bahasa Inggris yang terdiri dari dua kata “re-creation”. Creat berarti menciptakan, dan re artinya kembali.

Maksudnya menciptakan kembali aktivitas jasmani dan rohani dengan melakukan sesuatu yang disukai untuk mengembalikan pikiran jernih, semangat yang telah hilang karena aktivitas sebelumnya.

Misalnya gini: kita beraktivitas sekolah, bekera, atau melakukan rutitinitas, pada suatu saat kita akan jenuh dan kehilangan tenaga, semangat, pikiran jadi kalu.

Nah untuk mengembalikan tersebut kita melakukan aktivitas gerak namun yang disukai, seperti misalkan memancing.

Gerak badan, sama halnya dengan berolahraga maknanya menggerakan anggota tubuh untuk mencapai kebugaran jasmani, dan memelihara kesehatan. Sehungga D salah.

Jawabannya

Menciptakan kembali mengembalikan sesuatu yang keluar atau hilang merupakan makna dari

(C) rekreasi. 🌈🥇✅

Jawabannya terdapat pada halaman 280 dalam pembelajaran pemanfaatan waktu luang untuk kesehatan, di poin ke-2 yaitu rekreasi.

menciptakan kembali mengembalikan sesuatu yang keluar atau hilang merupakan makna dari

Jawaban sesuai / berdasarkan buku PJOK kelas 7, telah dikoreksi dan diverifikasi benar.

Tinggalkan komentar