2. Memberikan perasaan ketenangan kepada korban, mencegah atau mengurangi rasa takut dan gelisah, dan mengurangi bahaya yang lebih besar merupakan (B)

Memberikan perasaan ketenangan kepada korban kecelakaan, mencegah atau mengurangi rasa takut dan juga gelisah, dan mengurangi resiko bahaya yang lebih besar merupakan (B) sifat pertolongan pertama.

Sifat berarti karakter dalam hal ini melakukan Pertolongan Pertama Pada Korban Kecelakaan atau P3K.

Seorang yang mengalami kecelakaan atau sakit pada awalnya akan merasakan panik yang membuatnya tidak bisa berfikir dengan tenang, dan juga merasa takut.

Hal tersebut menyebabkan pikiran menjadi tidak tenang, perilaku tidak terkendali, dan karena panik serta gelisah nafas menjadi tidak teratur. Akibatnya akan memperparah luka yang dialami.

Sedangkan mengurangi bahaya contohnya seperti, orang yang mengalami luka pendarahan, pertolonganyang dilakukan adalah dengan menghentikan pendarahan tersebut agar tidak kehabisan darah.

Bagian badan yang terluka ditinggikan, agar darah tidak terus mengalir, lalu bersihkan luka tersebut, tutup dengan kasa steril, diletakan kapas, dan dibalut perban.

Makanya tindakan P3K ini memiliki sifat-sifat tersebut, jangan sebab apabila tindakan pertolongan keliru, justru akan membahayakan korban.

Memberikan perasaan ketenangan kepada korban, mencegah atau mengurangi rasa takut dan gelisah, dan mengurangi bahaya yang lebih besar merupakan . . . .

a. tujuan pertolongan pertama.

b. sifat pertolongan pertama.✅

c. manfaat pertolongan pertama.

d. fungsi pertolongan pertama.

Penjelasan

Maksud soal: memberikan rasa tenang dll adalah … P3K.

Kata kunci: mengurango resiko bahaya.

  • Tujuan salah.

Sebab, tujuan adanya Pertolongan Pertama, maksudnya setiap orang berusaha untuk menghindari kecelakaan, musibah atau sakit, namun yang namanya kecelaakan dapat terjadi di mana saja, dan kita tidak pernah tahu kapan tepatnya.

Oleh sebab itulah perlu adanya tindakan pertolongan pertama pada korban supaya dapat dengan cepat agar terhindari dari maut.

  • Jawaban B benar.

Sebab, tindakan pertolongan yang dilakukan harus bersifat memberi rasa tenang, mengurnagi rasa gelisah, dan mengurangi bahayayang lebih besar.

Contohnya seperti pemberian perban untuk menghentikan pendarahan, menenangkan korban kalau ambulan sedang datang, dan lain sebagainya akan memberikan sifat tenang dan juga mengurnagi bahaya.

  • Manfaat P3K salah.

Manfaat P3K sama halnya denagn memberikan pertolongan pada korban secara cepat.

  • Fungsi P3K.

Fungsi P3K juga adalah memberikan penanganan secara cepat, agar korban terhindari dari bahaya maut.

Jawabannya

Memberikan perasaan ketenangan kepada korban, mencegah atau mengurangi rasa takut dan gelisah, dan mengurangi bahaya yang lebih besar merupakan

Memberikan persaan tenang, mengurangi rasa takut, gelisah dan mengurangi bahaya yang lebih besar lagi adalah (B) Sifat dari P3K.

Jawaban diambil dari buku paket kelas 9 pada halaman 190.

Memberikan perasaan ketenangan kepada korban, mencegah atau mengurangi rasa takut dan gelisah, dan mengurangi bahaya yang lebih besar merupakan

Maaf kalau BENAR.

Tinggalkan komentar