Masalah pokok ekonomi mencakup (A)

Masalah pokok ekonomi mencakup 3 masalah pokok yaitu (A) What, How dan For Who. What berarti Apa, barang apa yang akan diproduksi?, sedangkan How adalah Bagaimana, bagaimana cara memproduksi barang tersebut, lalu For What berarti untuk siapa, untuk siapa barang tersebut.

Contoh kasus permasalah misalnya, permasalahan dalam pemeblejaran dari yang tadinya tatap muka menjadi belajar online.

Maka akan muncul permasalahan mulai dari What: Fasilitas apa yang dibutuhan dalam pembelajaran daring?, Website seperti apa yang dibutuhkan untuk e-learning?, apa saja fitur dalam webisite tersebut?.

Kemudian How, bagaimana membuat website belajar online tersebut? Bagaimana cara siswa melakukan absen?, Bagaimana berkomunikasi dengan video antara murid dan siswa?, Bagaimana cara mengerjakan dan mengumpulkan tugas secara online?.

Setelah itu, for who, artinya untuk siapa fasilitas tersebut?, kalau untuk siswa fiturnya misalnya absen, mengerjakan tugas, e-book, materi dan lain sebagainya. Untuk guru, maka fiturnya membuat soal, rekap nilai dan lain sebagainya. Dari ketiga pertanyaan itulah permasalah ekonomi bisa dianalisa.

Masalah pokok ekonomi mencakup ….

a. what, how, for who.

b. what, how, who.

c. what, when, who.

d. why, when, who.

e. why, where, how.

Penjelasan

  • Maksud soal: masalah ekonomi?.
  • Kata kunci: masalah.
  • Jawaban yang benar adalah A.

Karena masalah ekonomi terdiri dari pertanyaan Apa, Bagaimana, dan Untuk Siapa yang disebut juga dengan What, How, For Who.

  • Sedangkan pilihan jawaban B, C, D dan E salah.

Who salah karena pokok utamanya adalah untuk siapa bukan siapa?, maka yang benar adalah For Who. Sehingga B salah.

Sedangkan When, Why dan Where tidak ada dalam pokok permasalahan ekonomi. Sehingga jawaban C, D dan E salah.

Jawabannya

Masalah pokok ekonomi mencakup

(A) What, How, For Who, sebab masalah ekonomi terdiri dari Apa, Bagaimana dan untuk Siapa, ketiga hal tersebut saling berkaitan satu sama lain. What berarti apa, sedangkan How berarti Bagaimana, dan For Who maksudnya untuk siapa.

Jawaban ini mengutip penjelasan pada buku paket kelas 10 halaman 19 di bawah ini.

Masalah pokok ekonomi mencakup

Jawaban dinyatakan BENAR.

Tinggalkan komentar