Masalah ekonomi terjadi karena (C)

Masalah ekonomi terjadi karena disebabkan oleh (C) kebutuhan manusia yang tidak terbatas, sedangkan alat pemuasnya terbatas.

Sebab, masalah ekonomi adalah kesenjangan antara kebutuhan dan alat pemuas kebutuhan. Manusia memiliki banyak sekali kebutuhan dalam sehari-hari, maupun periode tertentu.

Kebutuhan adalah keinginan yang harus dipenuhi sebab bila tidak akan mempengaruhi hidupnya. Contohnya orang lapar butuh makan, haus butuh minum dan lain sebagainya.

Kebutuhan juga ada banyak jenis menurut intensitasnya, dari Primer, Sekunder hingga Tersier. Namun di sisi lain, alat pemuasa kebutuhan tersebut terbatas.

Alam yang terus diambil menyebabkan bahan pembuatannya terus berkurang, padahal manusia membutuhkan hal tersebut. Contohnya, berkurangnya lahan pertanian dan diganti perumahan yang menyebabkan berkuranganya produksi beras.

Dari kesenjangan antara kebutuhan dan alatnya tersebutlah yang menyebabkan terjadinya masalah.

Masalah ekonomi terjadi karena ….

a. kebutuhan manusia yang tidak terbatas.

b. sumber daya alam yang terbatas.

c. kebutuhan manusia tidak terbatas, sedangkan alat pemuasnya terbatas.

d. cara manusia dalam menghabiskan penghasilan.

e. cara manusia dalam memenuhi kebutuhan pokok.

Penjelasan

  • Maksud soal: apa yang menyebabkan maslah ekonomi?.
  • Kata kunci: masalah ekonomi.
  • Jawaban yang benar adalah C.

Kata kunci soalnya adalah masalah. Masalah adalah keadaan yang tidak sesuai dengan apa yang diharapkan. Kebutuhan manusia tidak terbatas, dan terus bertambah, di sisi lain alat pemuas kebutuhan terus berkurang contohnya bahan baku dari alam.

Ketidaksesuaian antara kebutuhan yang tak terbatas dengan alat pemuasanya yang terbatas tersebutlah yang menyebabkan masalah ekonomi. Karena terjadi ketidaksesuaian antara kebutuhan dan alat pemuasanya.

  • Sedangkan pilihan A, B, D dan E salah.

Pilihan A dan B kurang lengkap, makanya salah. Kemudian menghabiskan penghasilan adalah masalah pribadi manusia tersebut. Lalu E adalah cara manusia memenuhi kebutuhan pokok adalah tindakan ekonomi, bukan masalah ekonomi.

Jawabannya

Masalah ekonomi terjadi karena

(C) kebutuhan manusia tidak terbatas, sedangkan alat pemuas kebutuhan terbatas, maka menyebabkan ketidaksesuaian antara kebutuhan dengan alat pemuasnya, sehingga terjadi masalah ekonomi.

Jawaban ini mengutip dari buku paket kelas 10 di bawah ini.

Masalah ekonomi terjadi karena

Jawaban BENAR.

Tinggalkan komentar