Malaikat yang menanyai di kubur adalah (C)

Malaikat yang menanyai di alam kubur / Barzakh adalah malaikat (C) Munkar dan Nakir, karena malaikat tersebut yang menanyakan berbagai pertanyaan pada orang yang telah meninggal dunia dan telah memasuki alam kubur.

Pertanyaan tersebut adalah:

  1. Siapa Tuhanmu ?.
  2. Apa Agamamu ?.
  3. Siapa nabimu ?.
  4. Apa kitabmu ?.
  5. Dimana kiblatmu ?.
  6. Siapa saudaramu ?.

Yang bisa menjawab pertanyaan tersebut akan diberikan istirahat dalam menunggu ke alam berikutnya yaitu Yaumul Ba’ats atau hari dibangkitnya manusia dari alam kubur. Namun yang tidak bisa menjawab akan mendapatkan hukuman berupa pukulan dengan palu besi.

Meskipun kita tahu jawabannya, namun pada saat di alam kubur, kemampuan dalam menjawab tergantung dari amal perbuatan yang telah kita kerjakan.

Malaikat yang menanyai di kubur adalah ….

a. Atid dan Rakib.

b. Jibril dan Mikail.

c. Munkar dan Nakir.

d. Malik dan Ridwan.

Penjelasan

  • Maksud soal: malaikat yan brtugas bertanya pada manusia di alam kubur?.
  • Kata kunci: alam kubur.
  • Jawaban yang benar adalah C.

Karena malaikat Munkar dan Nakir yang memberi pertanyaan di alam kubur / alam barzakh, dan juga memberikan hukuman bagi yang tidak bisa menjawabnya.

  • Sedangkan A, B, dan D salah.

Karena Atid dan Rakib tugasnya mencatat amal baik dan buruk manusia, sedangkan JIbril dan Mikail bertugas mencabut nyawa manusia. Lalu Malik dan Ridwal adala menjaga pintu surga dan neraka. Tidak sesuai dengan yang dimaksud soal, yaitu yang menanyakan manusia di alam kubur makanya A, B dan D salah.

Jawabannya

Malaikat yang menanyai di kubur adalah

(C) Munkar dan Nakir, sebab malaikat tersebut yang bertanya pada manusia di alam Barzakh / kubur dan juga memberikan hukuman apabila tidak bisa menjawab.

Jawaban mengutip dari penjelasan dalam buku paket kelas 9 di bawah ini:

Malaikat yang menanyai di kubur adalah

Jawaban BENAR.

Tinggalkan komentar