Macam macam Gerak Dasar dalam Permainan Sepak Bola (Teknik)

Dalam permainan sepak bola terdapat macam macam gerak / teknik dasar yaitu Menggiring (Dribbling), Menyundul (Heading), Menendang (Kicking), Menghentikan (Stoping), Merampas (Tackling), Melempar (Throw in), dan Menjaga gawang (Kiper).

Sepak bola adalah permainan yang berisi 2 regu dengan masing-masing timnya berjumlah 11 pemain dengan tujuan mencetak bola ke gawang lawan, diatur oleh wasit, dengan 2 babak permainan, dan pada setiap babaknya berdurasi 45 menit.

Macam macam gerak dasar dalam permainan sepak bola

macam macam gerak dasar dalam permainan sepak bola

Berikut ini macam-macam gerakan / teknik dasar dalam permainan sepak bola untuk mengerjakan tugas atau sebagai materi pengetahuan.

Gerak Dribbling (Menggiring)

macam macam gerak dasar dalam permainan sepak bola

Dribbling adalah teknik atau gerakan dasar dalam permainan sepak bola dengan cara menggiring bola untuk tujuan melewati, mengecoh mengoper, atau mendekati gawang lawan.

Gerakan menggiring atau dribbling terdiri atas 3 macam yaitu menggiring dengan kaki bagian luar, dalam dan punggung kaki.

Dribbling kaki bagian dalam

Menggiring bola dengan kaki bagian dalam yaitu dengan menggunakan area yang sejajar dengan jempol kaki. Pada metode ini bola cenderung lebih susah untuk direbut karena berada di antara 2 kaki.

Dribbling kaki bagian dalam

Menggiring bola dengan kaki bagian luar adalah dengan menggunakan bagian kaki yang sejajar dengan kelingking. Pada umumnya dilakukan untuk menggeser bola sesuai bagian kaki, misal kaki kiri menggeser bola ke kiri.

Dribbling punggung kaki

Menggiring bola menggunakan punggung kaki caranya yaitu dengan menggunakan ujung kaki, dan umumnya digunakan untuk mengarahkan bola ke depan.

Mengkombinasikan teknik dribbling dapat mengecoh, dan membantu tim mendekati gawang lawan, dan menguasai permaian. Teknik dribbling juga membutuhkan kelincahan, dan reflek yang dapat dilatih dengan rajin latihan.

Gerak Heading (Menyundul)

macam macam gerak dasar dalam permainan sepak bola

Teknik heading adalah gerakan menyundul bola menggunakan kepala, yang tujuannya untuk mengoper, mencetak gol, hingga mematahkan serangan lawan. Gerakan heading terdiri dari 2 macam yaitu berdiri dan melompat.

Menyundul sambil berdiri

Menyundul dengan posisi kaki menginjak tanah, biasanya karena memang tinggi bola berada tepat di kepala.

Menyundul sambil melompat

Teknik menyundul dengan melompat menyesuaikan tinggi bola tersebut, terkadang gerakan ini disertai dengan lari terlebih dahulu atau ancang-ancang. Seperti saat akan melakukan tendangan pojok, atau passing dengan bola yang tinggi.

Gerak Kicking (Menendang)

macam macam gerak dasar dalam permainan sepak bola

Gerakan Kicking atau menendang adalah gerakan utama yang paling banyak digunakan dalam permainan sepak bola. Gerakan menendang ada 4 teknik yaitu menggunakan kaki bagian dalam, luar, depan, dan belakang.

Menendang dengan kaki bagian dalam

Caranya dengan mengayunkan kaki ke bola dan mengenai area yang sejajar dengan jempol kaki. Bola akan bergerak ke samping kanan atau kiri hingga melengkung. Layaknya saat melakukan tendangan bebas.

Menendang dengan kaki bagian luar

Menembak bola dengan kaki bagian luar akan menyebabkan bola berputar, atau berbelok. Hal ini biasanya digunakan untuk mengecoh kiper karena bola bisa berbelok ketika sampai gawang.

Menendang bola dengan bagian kaki depan

Bola yang ditendang menggunakan bagian kaki depan akan menyebabkan arah bola lurus, melambung ke atas, dan bergerak cepat atau sering disebut tendangan keras.

Mendendang bola dengan bagian kaki belakang.

Biasanya dilakukan karena arah datangnya bola dari belakang, dan agak sulit dilakukan bagi yang belum terbiasa. Makanya teknik ini jarang dilakukan, namun cukup efektif untuk mengecoh lawan.

Menguasai cara menendang bola akan memudahkan pemain dalam mengoper, menahan, dan menembak ke gawang lawan karena bola bisa datang dari arah yang tak terduga.

Gerak Stoping (Menghentikan/Mengontrol bola)

macam macam gerak dasar dalam permainan sepak bola

Stoping adalah gerak dasar dalam permainan sepak bola untuk menghentikan dan mengontrol bola. Teknik mengontrol bola dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa bagian tubuh seperti kaki: telapak, bagian luar, dalam, paha, dada, hingga bahu.

Gerakan Tackling (Merebut Bola)

gerakan tackling dalam permainan sepak bola

Gerakan takling adalah teknik untuk merebut bola dari musuh dengan berdiri maupun meluncur (Sliding). Gerak tackling harus sesuai prosedur dengan mengincar bola bukan kaki karena dapat mendapatkan hukuman berupa kartu kuning, atau merah, namun yang paling berbahaya dan sering terjadi adalah menciderai lawan.

Tackling Kaki

Gerakan tackling dengan kaki terdiri dari:

  1. Tackling menggunakan punggung kaki, yang digunakan untuk menjauhkan bola dari lawan.
  2. Tackling dengan telapak kaki / bagian luar / dalam digunakan untuk merampas bola dari kontrol lawan.

Sliding

Teknik sliding merupakan gerakan tackling yang dilakukan dengan meluncurkan tubuh dengan kaki di depan menuju arah pola untuk merebut atau mematahkan serangan lawan biasanya dilakukan bila musuh sudah dekat dengan gawang.

Gerakan sliding yang baik, dan tidak menyederai harus mengincar bola bukan kaki, dan akan lebih baik bila tidak dilakukan dari belakang karena musuh tidak akan mengetahui kaki yang meluncur ke arahnya, yang dapat menyebabkan kesalahan atau cidera.

Teknik sliding dari arah belakang inilah yang banyak menyebabkan cidera dan menadapkan kartu merah.

Gerak Throw In (Melempar)

macam macam gerak dasar dalam permainan sepak bola

Gerakan Throw In adalah teknik melempar bola yang dilakukan ketika bola keluar dari lapangan. Gerakan ini bisa dilakukan dengan ancang-ancang terlebih dahulu agar bola terlempar jauh, bisa juga tanpa ancang-ancang selama bola berhasil diberikan ke teman.

Teknik Throw biasanya dilakukan secara cepat, agar musuh tidak membayangi dan mencoba merebut, dan kadang perlu awalan/tipuan seperti mengayunkan tangan berkali-kali untuk mengecoh kapan bola dilempar.

Gerak menjaga gawang

macam macam gerak dasar dalam permainan sepak bola

Teknik menjaga gawang adalah gerakan yang umumnya dilakukan oleh kiper untuk menjaga bola agar tidak masuk ke dalam gawang meliputi menangkap, melempar, menendang hingga membelokan bola.

Pada beberapa kondisi seperti tendangan pojok terkadang karena banyaknya pemain, akan menyusahkan kiper untuk menangkap bola, atau beresiko lepas dan terpaksa membelokan bola tersebut dengan telapak tangan. Situasi lain, bila bola yang datang cukup keras.

Tinggalkan komentar