6. Lakukan tangkisan dengan tangan kanan ke arah luar dan tangan yang digunakan menangkis langsung pukulkan ke hidung lawan, Gerakan ini merupakan pengembangan taktik (B)

Lakukan tangkisan dengan menggunakan tangan kanan ke arah luar dan tangan yang digunakan menangkis kemudian langsung pukulkan ke hidung lawan, gerakan ini merupakan pengembangan dari taktik (B) menangkis dari pukulan lawan.

Sebab, taktik ini terdiri dari gerakan menangkis dari serangan lawan berupa pukulan. Gerak tangkisan umumnya digunakan pada bentuk serangan memukul.

Berikut ini cara melakukan taktik tangkisan pukulan luar:

  • Lakukan sikap pasang.
  • Lakukan tangkisan tangan kanan ke luar, dan kemudian tangan kanan memukul ke hidung lawan.
  • Lalu susul pukulan pertama dengan pukulan ke-2 dengan memukul ke arah dada sembari melangkahkan kaki kiri ke depan.

Pada intinya bentuk taktik tangkis serang ada 2 macam, tangkis dan tangkap. Kalau menangkis itu bentuk serangan lawan memukul, sedangkan menangkap, bentuk serangan lawan menendang. Ini khusus taktik tangkis serang loh ya.

Lakukan tangkisan dengan tangan kanan ke arah luar dan tangan yang digunakan menangkis langsung pukulkan ke hidung lawan, gerakan ini merupakan pengembangan taktik . . . .

a. menangkis dari tendangan lawan.

b. menangkis dari pukulan lawan.

c. mengembangkan taktik bela serang.

d. mengelak dari pukulan lawan.

e. mengelak dari tendangan lawan.

Penjelasan

Lakukan tangkisan dengan tangan kanan ke arah luar dan tangan yang digunakan menangkis langsung pukulkan ke hidung lawan, gerakan ini merupakan pengembangan taktik

Maksud soal: menangkis ke luar, lalu memukul hidung dan dada adalah taktik?.

Kata kunci: tangkis ke luar, pukul hidung.

  • Tendangan salah.

Kalau tangkis serang tendangan, bentuk tangkisannya berupa menangkap kaki lawan yang digunakan untuk menendang. Makanya salah.

  • Kalau B benar.

Karena apabila bentuk serangan lawan pukulan, maka bentuk tangkisan adalah menangkis keluar yang dilanjutkan gerakan menyerang memukul ke hidung dilanjutkan ke dada.

  • Kalau bela serang salah.

Sebab, bela serang dilakukan dengan cara mengelak, apabila serangan pukulan dilakukan dengan menaymbut tangan lawan, sedangkan bila kaki mengelak dengan cara melangkahkan kaki serong ke depan. Sedangkan pada soal, kita menangkis, bukan elakan.

  • Begitupun D dan E, salah.

Karena masuknya ke taktik bela serang abukan tangkis serang, yang mana gerakan dilakukan dengan mengelak atau menhindar bukan menangkis.

Jawabannya

Lakukan tangkisan dengan tangan kanan ke arah luar dan tangan yang digunakan menangkis langsung pukulkan ke hidung lawan

(B) menangkis pukulan lawan, sebab taktik yang dilakukan berupa gerakan menangkis ke luar dengan tangan kanan, yang artinya serangan lawan berupa pukulan. Hal tersebut diperjelas dengan tangan tangkis tadi memukul ke hidung dilanjutkan dada.

Jawaban ada dalam buku paket kelas 9 pada halaman 68.

Lakukan tangkisan dengan tangan kanan ke arah luar dan tangan yang digunakan menangkis langsung pukulkan ke hidung lawan, gerakan ini merupakan pengembangan taktik

Maaf kalau BENAR.

Tinggalkan komentar