4. Lakukan pukulan ke arah lipatan paha atau perut dengan tangan atau menendangnya ke arah lipatan paha, gerakan ini merupakan pengembangan taktik (E)

Lakukan pukulan ke arah lipatan paha atau perut dengan menggunakan tangan atau menendangnya ke arah lipatan paha, gerakan ini merupakan pengembangan dari taktik pencak silat yaitu (E) elakan dari tendangan lawan.

Sebab, gerak memukul paha dan perut dilakukan setelah kita mengelak dari tendangan lawan. Cara mengelaknya yaitu dengan melangkahkan kaki serong ke depan.

Berikut ini langkah-langkah lengkap mengelak dari serangan tendangan lawan sebagai salah satu bentuk dari taktik bela serang:

  • Sikap pasang kuda-kuda.
  • Elakan tendangan yang dilancarkan lawan dengan cara melangkah kaki kanan serong ke kanan depan.
  • Kemudian lakukan serangan pukulan ke paha atau paha atau serangan tendangan ke lipatan paha.

Dari penjelasan di atas, kita tahu bahwa setelah kita mengelak tendangan, selain badan kita mengelak, tangan yang terdekat menyambut kaki yang digunakan untuk menendang, dan posisi kita menjadi lebih rendah dan karena serong menjadi lebih dekat dengan jangkauan lawan ke perut dan kaki tumpu lawan.

Makanya, setelah berhasil mengelak kemudian kita menyerang dengan memukul atau bisa juga menendang.

Lakukan pukulan ke arah lipatan paha atau perut dengan tangan atau menendangnya ke arah lipatan paha, gerakan ini merupakan pengembangan taktik . . . .

a. menggoyahkan pertahanan.

b. melakukan serangan pendahuluan.

c. mengembangkan taktik bela serang.

d. mengelak dari pukulan lawan.

e. mengelak dari tendangan lawan.

Penjelasan

Lakukan pukulan ke arah lipatan paha atau perut dengan tangan atau menendangnya ke arah lipatan paha, gerakan ini merupakan pengembangan taktik

Maksud soal: pukul ke paha tau perut, atau tendang ke paha.

Kata kunci: pukul ke paha atau perut.

  • Jawaban A salah.

Karen taktik menggoyahkan pertahanan lawan dilakukan dengan teknik siku ulu hati dan tendangan samping bukan pukulan ke perut atau paha.

  • Begitupun B salah.

Serangan pendahuluan dilakukan dengan tendangan belakang, ketiak lawan melangkah bersiap akan melakukan serangan. Namun pada soal di atas tidak ada gerak tendangan belakang. Makanya salah.

  • C kurang tepat.

Sebab, taktik bela serang terdiri dari mengelak pukulan dan juga tendangan lawan. Yang mana?.

  • Sedangkan D salah.

Karena bentuk serangan setelah mengelak pukulan lawan adalah dengan menarik tangan dan memukul lawan dengan lutut, bukan dengan memukul maupun tendangan kaki.

  • Nah, E yang paling tepat dan spesifik.

Sebab, gerakan serangan setelah mengelak tendangan adalah memukul ke lipatan paha atau perut.

Jawabannya

Lakukan pukulan ke arah lipatan paha atau perut dengan tangan atau menendangnya ke arah lipatan paha

(E) mengelak dari tendangan lawan, sebab setelah kita mengelak dari tendangan lawan dengan cara melangkah serong kanan depan, gerakan dilanjutkan memukul paha atau lipatan perut atau menendang ke lipatan paha kaki yang menjadi kaki tumpu lawan.


Jawaban ada dalam buku paket lama kelas 9 halaman 67-68.

Lakukan pukulan ke arah lipatan paha atau perut dengan tangan atau menendangnya ke arah lipatan paha, gerakan ini merupakan pengembangan taktik

Maaf kalau BENAR.

Tinggalkan komentar