Ketika difitnah oleh teman-temannya, Rosyid cukup dengan berdiam diri saja, Dia yakin suatu saat nanti seluruh teman-temannya akan tahu siapa yang benar dan siapa yang salah, Sikap Rosyid tersebut merupakan contoh (A)

Ketika difitnah oleh teman-temannya, Rosyid cukup dengan berdiam diri saja, Dia yakin suatu saat nanti seluruh teman-temannya akan tahu siapa yang benar dan siapa yang salah, Sikap Rosyid tersebut merupakan contoh (A) Sabar.

Sebab Sabar tidak hanya berarti menahan diri untuk tidak melampiaskan nafsu angkara murka, mengendalikan lidah untuk tidak berkeluh kesah, dan mengontrol anggota tubuh untuk tidak bertindak anarki.

Sabar tidak hanya bersikap lapang dada saat menghadapi kesulitan dan musibah, tetapi juga teguh pendirian (Istiqamah) dalam memperjuangkan kebenaran, dan selalu dinamis dan optimis dalam meraih masa depan yang lebih baik dan bermakna.

Maka karena Rasyid percaya bahwa kebenaran akan terungkap, maka sikap diam saja Rosyid adalah sabar dalam memperjuangan kebenaran. Sehingga jawabannya A.

Ketika difitnah oleh teman-temannya, Rosyid cukup dengan berdiam diri saja, Dia yakin suatu saat nanti seluruh teman-temannya akan tahu siapa yang benar dan siapa yang salah, Sikap Rosyid tersebut merupakan contoh …

A. Sabar.

B. Pemaaf.

C. Ikhlas.

D. Tawadu’.

Penjelasan

  • Maksud soal: sikap Rosyid.
  • Kata kunci: berdiram diri, kebenaran siapa yang benar dan salah.
  • Jawabannya adalah A.

Belajar online kali ini, kata kuncinya ada pada sikap Royid yang berdiam diri walau difitnah, dan yakin bahwa kebenaran akan terungkap.

Berarti sikapnya adalah sabar dalam memperjuangkan kebenaran. Sehingga jawabannya adalah A.

Ketika difitnah oleh teman-temannya, Rosyid cukup dengan berdiam diri saja, Dia yakin suatu saat nanti seluruh teman-temannya akan tahu siapa yang benar dan siapa yang salah, Sikap Rosyid tersebut merupakan contoh
  • Sedangkan jawaban B, C dan D salah.

Pemaaf berarti tidak marah, karena sudah memaafkan sehingga tidak ada rasa benci dan ingin membalas. Maka A salah.

Ikhlas berarti semata-mata dilakukan karena Allah, sedangkan sikap berdiam diri karena yakin kebenaran akan terungkap. Maka C salah.

Sedangkan tawadu itu tidak sombong, maka tidak sesuai dengan maksud soal yaitu berdiam diri ketika difitnah. Sehingga jawaban D salah.

Verifikasi

Ketika difitnah oleh teman-temannya, Rosyid cukup dengan berdiam diri saja, Dia yakin suatu saat nanti seluruh teman-temannya akan tahu siapa yang benar dan siapa yang salah, Sikap Rosyid tersebut merupakan contoh

(A) Sabar, sebab berdiam diri karena yakin kebenaran akan siapa yang benar dan salah, berarti sabar dalam memperjuangkan kebenaran.

Jawaban diverifikasi BENAR 💯

Tinggalkan komentar