1. Kemampuan tubuh melakukan penyesuaian terhadap pembebasan fisik yang diberikan kepadanya (dari kerja yang dilakukan sehari-hari) tanpa menimbulkan kelelahan yang berlebihan yang berarti disebut (A)

Kemampuan / kesanggupan tubuh untuk melakukan penyesuaian terhadap pembebasan fisik yang diberikan kepadanya (dari kerja / rutinitas yang dilakukkan sehari-hari) tanpa menimbulkan / menyebabkan kelelahan yang berlebihan yang berarti disebut dengan (A) Kebugaran Jasmani.

Kebugaran jasmani, adalah suatu kemampuan yang dimiliki tubuh dalam menyesuaikan diri terhadap rutintias seperti aktivitas sekolah, / bekerja.

Hal ini, biasanya dapat diketahui setelah kita beristirahat / bangun tidur, apakah merasa segar / bugar / bertenaga kembali?

Meskipun setiap hari hampir melakukan aktivitas yang sama belajar atau bekerja, kebugaraan yang dirasakan tubuh akan berbeda.

Sebab, ada banyak faktor yang memepengaruhi seperti keadaan stamina, daya tahan, atau tenaga yang dimiliki dan dikeluarkan saat dan setelah melakukan aktivitas di hari tersebut.

Kemampuan tubuh melakukan penyesuaian terhadap pembebasan fisik yang diberikan kepadanya (dari kerja yang dilakukan sehari-hari) tanpa menimbulkan kelelahan yang berlebihan yang berarti disebut

Kemampuan tubuh melakukan penyesuaian terhadap pembebasan fisik yang diberikan kepadanya

a. Kebugaran jasmani.

b. Ketahanan tubuh.

c. Kekuatan tubuh.

d. Daya tahan tubuh.

Penjelasan

Maksud soal: penyesuaian tubuh setelah melakukan aktivitas kerja / rutinitas harian.

Kata kunci: kerja sehari-hari.

  • Dari penjelaan di atas, jawaban Kebugaran jasmani benar, sebab kebugaran jasmani adalah suatu kemampuan yang dimiliki oleh badan dalam menyesuaikan diri terhadap rutintias harian tanpa merasakan kelelahan.

Contohnya: seorang siswa yang melakukan aktivitas seharian belajar, saat bangun tidur badan terasa bugar / segar karena tubuh sudah terbiasa dan mampu menyesuaikan diri.

Atau pada mereka yang bekerja / memiliki rutintitas dari jam 8 sampai jam 5 hampir setiap hari. Tubuh akan terbiasa, mampu menyesuaikan dengan kekuatan, daya tahan, stamina yang dibutuhkan saat melakukan aktivitas tersebut.

Sehingga saat bangun tidur, badan tidak terasa kelelahan, dan segar kembali.

Hal ini tentu saja, dapat dicapai dengan latihan yang rutin / disiplin.

  • Ketahanan tubuh, maksudnya bukan kemampuan untuk menyesuaikan diri, namun suatu kemampuan untuk berhatan / berapa lama tubuh mampu bertahan terhadap berbagai macam aktivitas, hingga serangan penyakit.
  • Sedangkan kekutan tubuh maksudnya, besarnya kemampuan tubuh dalam melakukan suatu kerja / aktivitas sehari-hari.

Misalnya kekuatan mengangakat beban 75 Kg, push up 10 kali, lari 1 Kilo dan lain sebagainya.

  • Nah, untuk daya tahan tubuh maksudnya kemampuan lamanya tubuh dalam melakuakan kerja atau aktivitas.

Misalnya, seorang siswa paling lama bertahan 3 bulan dalam melakukan aktivitas harian, setelah itu badan jatuh sakit karena kecapean.

Atau seorang pekerja, mampu melakukan kerja selama setahun sebelum akhirnya jatuh sakit karena kelelahan, stres atau faktor lain yang menyebabkan daya tahan tubuh menurun.

Derajat kebugaran jasmani yang tinggi, dapat membantu seorang agar bisa menjalani aktivitas dengan lancar, dan menjaga kesehatan.

Lain bila seorang memiliki derajat kebugaran yang rendah karena jarang latihan / melakukan aktivitas olahraga dapat dilihat dengan sikap yang mudah lelah, suka mengantuk, hingga tidak bergairah.

 Jawabannya

Kesanggupan dan kemampuan tubuh melakukan penyesuaian terhadap pembebasan fisik

(A) Kebugaran jasamani. 🏃‍♂️🏃‍♀️🥇

Jawaban soal no 1 Bab 5 ini terdapat pada halaman 187, tentang pembelajaran hakikat kebugaran jasmani.

kesanggupan dan kemampuan tubuh melakukan penyesuaian terhadap pembebasan fisik

👩‍🏫 Jawaban berdasarkan buku, telah dikorksi dan dinilai BENAR.

Tinggalkan komentar