Kemampuan mengubah posisi tubuh pada bagian tertentu disebut (D)

Kemampuan mengubah posisi tubuh pada bagian tertentu disebut / dinamakan dengan (D) kelincahan. Karena lincah berarti kemampuan dalam mengubah posisi dan arah dengan cepat dan tepat tanpa kehilangan keseimbangan.

Gerakan kelenturan contohnya adalah lari belak-belok / zig-zag. Pada bagian / area tertentu kita akan mengubah arah dengan berbelok ke kanan dan kiri saat berlari sehingga menyebabkan perubahan posisi tubuh.

Perubahan itu terjadi pada bagian tertentu, misalnya saat berbelok. Begitupun saat berbali bolak balik, posisi tubuh akan berubah ketika kita berbalik.

Lalu apa bedanya kecepatan dengan kelincahan.?. Kecepatan adalah kemampuan dalam berpindah tempat dengan cepat. Sedangkan kelincahan tidak hanya kecepatan bergerak saja, namun kecepatan mengubah arah gerakan.

Perubahan posisi tubuh tersebut biasanya dilakukan pada bagian / area tertentu.

Kemampuan mengubah posisi tubuh pada bagian tertentu disebut . . . .

A. kekuatan.

B. kelenturan.

C. kecepatan.

D. kelincahan.

Penjelasan

  • Maksud soal: Kemampuan mengubah posisi tubuh pada bagian / situasi / kondisi tertentu dinamakan dengan?
  • Kata kunci: mengubah posisi bagian tubuh tertentu.
Kemampuan mengubah posisi tubuh pada bagian tertentu disebut
  • Jawaban yang benar adalah D.

Karena kelincahan adalah kemampuan dalam mengubah posisi dan arah gerakan yang biasanya dilakukan pada bagian tertentu.

  • Sedangkan A, B, dan C salah.

Kekuatan adalah kemampuan dalam menahan beban, beban tersbut bisa berasal dari tubuh atau dari luar tubuh. Sedangkan yang ditanyakan adalah menguah posisi bukan menahan beban.

Kecepatan salah, karena kecepatan adalah kemampuan dalam berpindah tempat secepat mungkin. Bukan mengubah posisi tubuh di bagain tertentu saja. Maka salah.

Sedangkan kelenturan adalah kemampuan dalam menggerakan luas gerak persendian pada anggota tubuh. Maka bukan mengubah posisi tubuh.

Jawabannya

Kemampuan mengubah posisi tubuh pada bagian tertentu disebut

(D) kelincahan, karena kelincahan adalah kemampuan mengubah arah dan posisi tubuh pada bagian / area tertentu. Contohnya berlari belak-belok, akan mengubah posisi tubuh pada saat berbelok-belok. Atau lari bolak-balik, akan mengubah posisi tubuh pada saat berbalik.

Jawaban dikutip dari penjelasan di bawah ini.

Kemampuan mengubah posisi tubuh pada bagian tertentu disebut

Maaf kalau BENAR.

Tinggalkan komentar