9 Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Word

Ada beberapa kelebihan dan kekurangan yang ada pada program microsoft word, salah satu kelebihannya seperti fitur koreksi otomatis, pengecekan typo, dan autosave. Sedangkan kekurangan-nya pada update harus mengikuti versi terbaru OS windows.

Ada banyak kecanggihan yang bisa dilakukan dengan software pengolah kata ini, dengan banyaknya menu yang tersedia mulai dari ribbon, rules, hingga status bar. Berikut penjelasannya.

Kelebihan Microsoft Word:

kelebihan dan kekurang microsoft word

  • 1. Autocorrect.

Jika kita menuliskan huruf awal suatu kalimat atau paragraf dengan huruf kecil. Secara otomatis microsoft word akan mengkoreksi, atau mengubahnya menjadi huruf besar. Hal ini sesuai dengan aturan baku penulisan.

Keunggulan lainnya adalah secara otomatis mengubah awal sebuah tanggal meliputi hari dan bulan menjadi huruf kapital di awal kata.

  • 2. Autosave.

Ketika lupa menyimpan file karena komputer atau laptop mati, atau restar otomatis. Jika dibuka kembali maka akan muncul tampilan program word, berisi sekitar 5 atau 15 menit file terbaru yang lupa disimpan.

Sehingga pengguna tidak perlu terlalu banyak menulis ulang karena kesalahan OS, atau faktor human error yang terjadi.

  • 3. Auto formatting.

Saat suatu dokumen bersi point-point dengan menggunakan penomoran maupun bullet. Ketika melakukan enter secara otomatis akan mengikuti angkanya. Begitupun ketika suatu paragram selesai ditulis, dengan awal kalimat menjorok ke dalam.

Kita tidak perlu melakukan format penulisan yang sama berulang-ulang, sehingga mengemat waktu.

  • 4. Pembuatan tabel otomatis.

Mesikupun dikenal dengan pengolahan kata bukan huruf. Word menyedikan pilihan insert yang terdapat pilihan pembuatan tabel, dan kita bisa memilih jumlah kolom ke samping maupun ke bawah.

  • 5. Pembuatan grafik otomatis.

Seorang bisa membuat grafik kategori, baik berbentuk garis atau line, bar, map hingga kolom. Lebih dimudahkan lagi karena tinggal mengganti nama atau mengubah jneis font serta warna. Tanpa banyak melakukan pengeditan, atau tata letak tulisan secara manual.

  • 6. Bisa menyisipkan gambar.

Program word juga bisa menyispkan gambar yang terdapat pada file penyimpanan internal komputer ataupun online. Hal ini sangat berguna dalam pembuatan kartu nama, hingga rapot sekolah.

  • 7. Mendukung teks simbol, dan rumus.

Tidak hanya teks standar dari A-Z atau angka dari 1 sampai 0. Namun juga bisa menyusupkan banyak simbol, hingga rumus matematika.

  • 8. Tersedia template yang lengkap.

Ada banyak template atau desain bawaan yang telah disediakan dalam prgram word yang sangat membantu penggunanya. Seperti template sertifikat, kartu nama, brosur, undangan, hingga kalender.

  • 9. Mendukung dokumen pdf, dan html.

Walaupun program word memiliki eksistensi dengan type dokumen .docx. Namun sebenarnya saat kita melakukan penyimpanan bisa dirubah dahulu typenya, seperti pdf, atau halaman sebuah web.

Kekurangan Microsoft Word:

kelebihan dan kekurang microsoft word

  • 1. Update terbaru menyesuaikan OS windows.

Karena word adalah buatan microsft. Maka OS yang digunakan bila setiap kali terjadi pembaruan juga harus mengikuti pembaruan OSnya. Hal ini bertujuan agar software bisa berjalan lancar.

Contohnya untuk versi word dari paket office 365. Minimal PCny harus windows 10.

  • 2. Tidak support dokumen bertabel dengan perhitungan kompleks.

Meskipun terdapat fitur untuk menyisipkan tabel. Word tidak bisa digunakan untuk penghitungan otomatis yang kompleks.

  • 3. Tidak bisa untuk presentasi.

Meskipun bisa memasukan gambar, dan memiliki banyak gaya font. Namun tidak tersedia mode untuk presentasi.

  • 4. Pengguna harus berlisensi dan berbayar.

Microsoft word adalah sebuah program hasil karya. Namun bagi sebagian orang, barangkali agak kemalahan. Terutama harganya yang disampakan antara negera modern, dan berkembang.

Untuk setiap lisensi dihargai sekitar 2,1 juta. Namun sebenarnya, hal ini bisa di atasi dengan membeli laptop atau komputer yang langsung berisi paket micorsoft office original, sehingga lebih murah.

  • 5 Antar muka berubah setiap kali update.

Hampir setiap tahun selalu ada pembaruan dari penambahan fitur, dan perubahan tata letak pada menu ribbon. Sehingga kita harus sedikit mempelajari, dan memahaminya lagi.

Demikian, kelebihan dan kekurangan microsoft word. Ada banyak kemudahan dalam pembuatan suatu dokumen untuk kebutuhan sehari-hari. Dan solusi dari harga yang relatif mahal bagi sebagian orang adalah dengan membeli laptop atau komputer yang sudah tertanam atau terdapat paket office. Lisensinyapun untuk seumur hidup. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar