10 Kegunaan Microsoft Word dalam Dunia Kerja dan Usaha

Microsoft word memiliki banyak kegunaan / manfaat / fungsi antara lain adalah untuk membuat segala jenis dokumen formal maupun non formal, seperti surat, makalah, koran, undangan, brosur, kalender, ataupun kartu nama.

Hampir segala jenis dokumen bisa dibuat dengan menggunakan program software ms word. Sebab selain mampu membuat, mengolah, dan memformat jenis teks. Juga bisa digunakan untuk menyisipkan simbol, rumus, gambar, tabel, hingga grafik.

10 Kegunaan Microsoft Word:

Berikut ini adalah beberapa kegunaan / manfaat software microsoft word di di dunia bisnis, pemerintahan, perkantoran maupun bagi pelajar.

  • 1. Membuat Surat.

kegunaan microsoft word

Dalam lingkup administrasi pemerintah, word biasanya digunakan untuk proses surat menyurat secara resmi. Contohnya dalam lingkup sekolah, adalah surat pemberitahuan mengenai ujian, libur, atau pengumuman penting lain. Atau dokumen lain yang membutuhkan Kop.

Contoh lain, kegunaan microsoft word bagi seorang siswa yang tidak bisa masuk sekolah karena sakit, juga bisa dibuat menggunakan software pengolah kata ini. Jika tidak tahu format surat, bisa menggunakan template yang telah disedikan. Kita tinggal mengganti isinya sesuai dengan keterangan yang ingin disampaikan.

Dalam suatu instansi perusahaan juga digunakan untuk surat pemberitahuan, hingga invoice.

  • 2. Membuat Kalender.

kegunaan microsoft word

Kegunaan microsoft word untuk membuat kalender ini, terdapat pada design kalender dengan berbagai macam pilihan mulai dari tema foto perbulan, hingga pertahun.

Kealam kalender foto, format software word berisi kotak foto pada paling atas lembar, yang mungkin menceritakan tentang kenangan atau hasil fotografi. Ukuran atau jenis huruf juga bisa diedit atau diolah sesuai dengan keinginan.

Adapun untuk tema word kalender pertahun, berarti satu lembar berisi jumlah seluruh bulan dan jumlah tanggal yang ada di dalamnya. Kita juga bisa memasukan foto kita sendiri, logo sekolah, perusahaan maupun organisasi.

Dan tidak perlu mengedit satu-satu, sebab akan ada pilihan tahun serta bulan apa, dan secara otomatis muncul jumlahnya sesuai dengan standar. Jika ingin lebih informatif bisa memberikan keterangan mengenai tanggal libur. Dan karena fromatnya berbasa inggris, maka hanya perlu mengubah nama bulan, dan hari ke dalam bahasa Indonesia.

  • 3. Membuat Brosur.

kegunaan microsoft word

Kegunaan Microsoft word untuk membua brosur, bisa dibuat dengan memilih tema untuk pembuatan brosur. Mulai dari brosur menu restauran, sekolah, hingga brosur acara atau event. Desain dokumen juga tersedia dengan gaya yang modern.

Kita bisa mengganti foto, mengubah ukurannya, serta huruf, warna dan keterangan agar lebih menarik.

  • 4. Membuat Sertifikat.

fungsi word membuat sertifikat

Kegunaan microsoft word untuk membuat sertifikat ada pada template berjenis certificate. Kita bisa mencarinya di kotak pencarian pada menu File – More Template.

Karena deri online, maka membutuhkan konesksi internet. Terdapat banyak tipe yang disediakan oleh Office, seperti penghargaan, karyawan, yang juga bisa digunakan untuk sertifikat kelulusan. Terdapat bingkai yang telah dibuat dalam format dokumen tersebut.

Namun juga bisa mengubahnya dengan bingkai sendiri pada bagian border. Atau bila ingin lebih unik dan berbeda bisa menggambar dengan fitur shape yang telah disediakan.

  • 5. Membuat Laporan.

Pembuatan laporan hasil kegiatan, berita, kunjungan, perjalanan wisata, hasil diskusi, hingga laporan untuk penelitian.

  • 6. Membuat Undangan.

Pengguna tidak perlu repot untuk mendesain suatu undangan dalam word. Sebab, terdapat template untuk membuat desain undangan pesta pernikahan.

  • 7. Membuat CV.

Kegunaan microsoft word untuk membuat Curiculume Vite (Surat Lamaran Pekerjaan) sudah tidak asing lagi. Banyak para lulusan baru, membuat dengan word.

Namun banyak yang berdesain polosan, sehingga kurang menarik. Padahal Office sudah menyediakan templatenya. Mulai dari untuk menaruh foto. Juga sudah terdapat susunan penulisan seperti nama, tanggal lahir, umur, dan lain-lain. Dari desain yang sederhana, hingga modern.

  • 8. Membuat Buku.

Bila kita jeli, terdapat template buku mewarnai, format buku nonfiksi. Di dalamnya tersedia format seperti judul, daftar isi, dan bagian lain. Kita hanya perlu mengubah dan menambah isinya.

Pembuatan buku ajar seperti LKS, buku nonfiksi, buku fiksi yang sering kita jumpai di toko buku. Bisa dibuat dengan word.

  • 9. Membuat kartu nama dan ucapan.

Ada banyak tema yang disediakan mulai dari kartu nama, hingga kartu ucapan. Seperti ucapan terimakasih, ucapan selamat ulang tahun, hari ibu, hari ayah, ucapan valentine.

  • 10. Membuat Koran.

kegunaan microsoft word

Kegunaan microsoft word untuk pembuatan koran tersedia 3 pilihan design, anatara lain: koran klasik, modern, hingga gaya hidup. Formatnya mudah dibaca, dan rapi sehingga tidak perlu mendesain dari awal lagi, hanya merubah isi artikel, dan foto.

Pada bagian atas tema, terdapat nama koran, lalu judul headline, yang tersusun rapi bersama dengan foto, dan artikel di dalamnya.

Microsoft word memiliki banyak fungsi atau kegunaan, dalam membuat dokumen terutama yang berbentuk teks. Seperti surat menyurat, laporan, makalah hingga buku.

Ada ratusan template yang mendukung user dan dapat digunakan untuk kebutuhan yang berbeda. Kita bisa mendapatkannya secara online, lewat design yang disediakan office untuk mengunduh tema tersebut. Tanpa harus keluar dari program.

Kegunaan Microsoft Word bagi Pelajar

kegunaan microsoft word bagi pelajar

  1. Membuat surat izin tidak masuk sekolah.
  2. Membuat karya ilmiah seperti laporan, makalah.
  3. Membuat jadwal pelajaran, piket kelas.
  4. Membuat ID Card OSIS.
  5. Mengganti background pas foto untuk pendaftaran kuliah.
  6. Menerbitkan karya fiksi di majalah dinding sekolah.
  7. Membuat album foto kenangan perpisahan kelas.
  8. Membuat poster lomba olahraga antar kelas.
  9. Membuat kartu ucapan selamat ulangtahun pada teman atau guru.
  10. Sebagai buku catatan sekolah, atau diary digital.

Tinggalkan komentar