4. Keadaan gizi kurang menyebabkan pembentukan zat anti atau zat pelindung terhadap penyakit juga kurang, sehingga tubuh mudah terserang penyakit. Hal ini merupakan pengaruh gizi terhadap (C)

Keadaan gizi yang kurang dapat menyebabkan pembentukan zat anti atau zat pelindung (kekebalan tubuh) terhadap penyakit juga menjadi kurang, sehingga tubuh akan mudah terserang infeksi penyakit, hal ini merupakan pengaruh gizi terhadap (C) daya tahan tubuh.

Berdasarkan pengaruh terhadap kesehatan, zat gizi dibagi menjadi 3 pangaruh utama yaitu daya kerja, daya tahan, dan pertumbuhan jasmani dan mental.

Dua diantaranya menggunakan cadangan zat zat gizi bila kondisi tubuh tidak memenuhi kebutuhan harian, atau terkena penyakit.

Nah berdasarkan soal ini, menyebutkan tentang zat pelindung terhadap penyakit yang tentunya berhubungan dengan kekebalan / imunitas / daya tahan tubuh. Sehingga jawaban yang benar adalah C.

Keadaan gizi kurang menyebabkan pembentukan zat anti atau zat pelindung terhadap penyakit juga kurang, sehingga tubuh mudah terserang penyakit, hal ini merupakan pengaruh gizi terhadap

a. pertumbuhan jasamani.

b. pertumbuhan mental.

c. daya tahan tubuh.

d. pencegahan penyakit.

Penejelasan

Maksud soal: zat gizi yang berperan sebagai pelindung penyakit, merupakan pengaruh terhadap.

Kata kunci: penyakit.

  • Pertumbuhan jasmani dan mental seperti yang diterangkan pada pilihan a dan b adalah pengaruh dari zat gizi untuk pertumbuhan dan perkembangan otot, tulang, dan otak, terutama pada masa kanak-kanak.
  • Kekurangan zat gizi akan berpengaruh terhadap pertumbuhan tinggi badan, kecerdasaan hingga mental seseorang nantinya.

Maka jawaban A dan  B di atas salah, sebab maksud soal adalah pengaruhnya terhadap penyakit.

  • Daya tahan tubuh, benar. Sebab saat tubuh kita kekurangan zat gizi, maka cadangan zat gizi yang dikumpulkan dalam jaringan-jaringan tubuh akan digunakan untuk membentuk zat anti / zat pelindung untuk mencegah dan melawan infeksi pentakit.

Contohnya saja zat protein yang berpengaruh terhadap daya kerja dan pertumbuhan, pada kondisi seorang kekurangan zat gizi dan terkena penyakit. Cadangan zat protein yang tersimpan dalam jaringan-jaringan tubuh tersebut akan digunakan untuk membentuk sel darah putih sebagai kekebalan / imunitas tubuh.

  • Pilihan D. pencegahan penyakit, tidak terdapat dari 3 pengaruh zat gizi, namun sudah masuk ke dalam pengaruh daya tahan.

Tips

Intinya, pengaruh zat gizi dibagi menjadi 3.

  • Daya kerja: cadangan zat gizi digunakan ketika kebutuhan gizi harian tidak terpenuhi.
  • Daya tahan: cadangan zat gizi digunakan ketika tubuh kekurangan zat gizi karena sakit, seperti napsu makan turun, namun kebutuhan energi meningkat.
  • Pertumbuhan: zat gizi berpengaruh terhadap pertumbuhan dan perkembangan tubuh serta mental terutama masa kanak-kanak. Pengaruh tersebut antara lain tinggi badan, kecerdasan hingga mental / psikologi orang.
Jawabannya
Keadaan gizi kurang menyebabkan pembentukan zat anti atau zat pelindung tubuh terhadap penyakit juga

Apabila kekurangan zat gizi, zat pelindung kekebalan tubuh juga kurang, sebab zat bergizi berperan sebagai pembentukan zat anti untuk (C) daya tahan tubuh. 🍎✅

Jawaban C berdasarkan buku PJOK bagian Pengaruh Gizi Makanan halaman 304 – 305.

Keadaan gizi kurang menyebabkan pembentukan zat anti atau zat pelindung terhadap penyakit juga kurang

Jawaban diverifikasi 100.

Tinggalkan komentar