Kalimat yang mengandung bacaan idgam adalah (D)

Kalimat yang mengandung bacaan idgam adalah (D) Ghisawatun walahum, sebab bacaan idham adalah hukum bacaan nun sukun atau tanwin bertemu dengan huruf idgam yaitu Mim Nun Wa Ya Ra dan La.

Pada pilihan D, terdapat tawin yaitu dhommah tanwin pada bacaan tun, kemudian bertemu dengan Ya yang merupakan hurug idgam. Maka hukum bacaannya adalah idham. Sehingga jawabannya adalah D.

Kalimat yang mengandung bacaan idgam adalah…

A. Muhitun bilkafirin.

B. Inkuntum sodikin.

C. Wa amanahum Minhafin.

D. Ghisawatun walahum.

Penjelasan

  • Maksud soal: bacaan idgam.
  • Kata kunci: idham.
  • Jawabannya adalah D.

Belajar online kali ini adalah kata kuncinya idgam. Maka hukum bacaannya nun sukun atau tanwin bertemu dengan huruf Mim, Nun, Wa Ya dan Ra.

Dari pilihan jawaban ada pada jawaban D. Yaitu Dommah tanwin = tun, kemudian bertemu dengan huruf W yang merupakan huruf Idham.

Kalimat yang mengandung bacaan idgam adalah
  • Sedangkan jawaban A, B dan C salah.

Kalau A, tanwin ada pada tun, namun setelahnya Ba, huruf Ba bukan huruf Idgam makanya A bukan hukum bacaan Idgam.

Lalu B, itu ada nun sukun pada in namun setelahnya huruf ka, lalu ada nun sukun lagi bertemu dengan hurug ta. Hurug Ka dan Ta buka idgam makanya tidak dibaca idgam.

Sedagkan C itu ada nun sukun, pada bacaan min, setelahnya kha. Kha bukan hurug idgam, makanya tidak dibaca idgam. Sehingga C juga salah.

Verifikasi

Kalimat yang mengandung bacaan idgam adalah

(D) Ghisawatun walahum, karena ada tanwin yaitu dommah tanwin bertemu dengan huruf Wa yang merupakan huruf idgam sehingga hukum bacaannya adalah idgam.

Jawaban diverifikasi BENAR 💯

Tinggalkan komentar