Jumlah sumber daya yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan manusia sifatnya (A)

Jumlah sumber daya yang tersedia (alat pemuas kebutuhan) untuk memenuhi kebutuhan manusia sifatnya adalah (A) langka atau terbatas dibandingkan dengan kebutuhan.

Sebab sumber daya yang digunakan untuk membuat alat pemuas kebutuhan terus berkurang, dan persebaraannya tidak merata. Hal tersebut menyebabkan sumber daya langka / terbatas.

Contohnya: sumber daya batubara yang terus diambil dan digunakan sehingga menyebabkan semkain berkurang dan langka.

Di suatu daerah, padi melimpah, di tempat lain, padi susah ditanami. Karena sumber daya terus diambil dan persebaran tidak merata menyebabkan sumber daya terus berkurang dan menjadi terbatas.

Di sisi lain, kebutuhan manusia terus meningkat, dari kebutuhan seperti kuota bagi pelajar yang belajar online. Yang pada saat tatap muka, tidak diperlukan.

Jumlah sumber daya yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan manusia sifatnya ….

a. langka atau terbatas dibandingkan dengan kebutuhan.

b. bebas dan dapat dieksploitasi sesuai dengan kebutuhan.

c. hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan yang sangat mendesak.

d. cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

e. dapat diperbarui dengan cepat.

Penjelasan

  • Maksud soal: sifat sumber daya.
  • Kata kunci: sumber daya.
  • Jawaban yang benar adalah A.

Karena sumber daya terus digunakan sehingga menyebabkannya terus berkurang, makanya keadaan / sifatnya langka. Sumber daya suatu daerah dengan daerah lain persebarannya juga tidak merata makanya menyebabkan keadaan terbatas.

  • Sedangkan jawaban B, C, D dan E salah.

Bebas, salah sebab kebutuhan ada yang bersifat ekonomis dan bebas. Bebas contohnya air, udara, dan cahaya matahari. Namun smartphone bukan barang yang bebas digunakan karena membutuhkan pengorbanan waktu, tenaga hingga materi untuk mendapatkannya. Sehingga B salah.

Sedangkan C salah, karena tidak semua kebutuhan bersifat mendesak, begitupun tidak semua kebutuhan cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, bisa saja kurang atau lebih. Lalu E salah, sebab yang ditanya adalah sifat / keadaan kebutuhan tersebut.

Jawabannya

Jumlah sumber daya yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan manusia sifatnya

(A) langka atau terbatas dibandingkan dengan kebutuhan, karena sumber daya terus diambil dan digunakan sehingga menyebabkan terus berkurang akibatnya terjadi kelangkaan atau keterbatasan. Sedangkan kebutuhan manusia terus bertambah dan tidak terabatas.

Jawaban mengutip keterangan berikut:

Jumlah sumber daya yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan manusia sifatnya

Jawaban BENAR.

Tinggalkan komentar