4. Jumlah base yang harus dilalui oleh pemain sebanyak (B)

Jumlah base yang harus dilalui oleh pemain rounders adalah sebanyak (B) 5 Base, sebab lapangan rounders berbentuk segilima, yang tiap sudutnya dipasang tiang sebagai base. Artinya, seorang pemain dianggap berhasil mengelilingi lapangan dan mendapatkan poin apabila melalui 5 base, ke base 1, 2, 3, 4, dan 5 / Home.

Bentuk segilima tersebut terdapat beberapa tempat, yang di depan base V disebut juga Home, yang merupakan base awal bagi pemukul, sedagkan di depan pemukul ada Pitcher Base atau base pelambung, lalu di belakang pemukul ada Catcher yaitu penangkap bola apabila bola tidak dapat terpukul.

Pemukul (Batter) yang berada di base V diberi kesempatan memukul sebanyak 3 kali, apabila pukulan berhasil memukul, si pemukul dari base V berhak lari dari base 1, ke base 2, ke base 3 hingga base 4 selama bola tersebut belum tertangkap lawan.

Nah, pemukul tersebut harus mengenai tiang rounders entah menyentuhnya dengan tangan atau bat pemukul sebagai tanda telah hinggap / melalui base tersebut.

Dari base 4 tersebut, apabila temannya berhasil memukul maka pemukul pertama tadi boleh berlari ke base V atau kembali ke home plate. Artinya, satu pemain telah berhasil mengelilingi lapangan, apabila setelah memukul kemudian melalui base 1, 2, 3, 4 kemudian 5 / kembali ke home dengan selamat.

Sebanyak 5 base, karena berhasil mengelilingi dengan selamat, artinya mendapatkan poin atau nilai 1.

Jumlah base yang harus dilalui oleh pemain sebanyak

a. 4 base.

b. 5 base.

c. 6 base.

d. 7 base.

Penjelasan

Jumlah base yang harus dilalui oleh pemain sebanyak

Maksud soal: Jumlah base yang dilewati pada saat bermain rounders.

Kata kunci: base rounders.

  • Jawaban A salah.

Sebab, jumlah bentuk lapangan rounder adalah segilima, yang tiap seginya terdapat tiang rounders berupa base. Dan seorang pemain akan mendapatkan nilai apabila berhasil mengelilingi lapangan dengan selamat.

Nah, kalau Cuma 4 base, artinya dari base 1, 2, 3, 4 dia belum sampai ke home, dan belum mengelilingi lapangan dengan selamat.

  • Sedangkan B, Benar.

Karena, tentu saja, lapangan rounders bentuknya segilima, dan pemain yang memukul berada di base V, untuk dapat mengelilingi lapangan atau kembali lagi ke Homeplate / base 5, maka dia harus ke base, 1, 2, 3, 4, dan 5.

  • Kalau, 6 dan 7 salah.

Sudah pasti salah, karena jumlah basenya aja ada 5, bila sudah sampai base ke-5 tentu, sudah berhasil mengelilingi lapangan dan mendapatkan poin. Artinya, akan bergantian dengan pemain lain, untuk memukul, mengelilingi lapangan sehingga mendapatkan poin sebanyak-banyaknya.

Jawabannya

Jumlah base yang harus dilalui oleh pemain sebanyak

Jumlah base yang harus dilalui oleh pemain rounders yaitu sebanyak (B) 5 Base, karena bentuk lapanan rounders adalah segilima, pemukul akan berlari mengelilingi lapangan, sehingga pemain berlari melalui base I, II, III, IV dan kemudian ke base V / Home.

Jawaban diambil berdasarkan ilustrasi bentuk lapangan rounders pada gambar yang telah dimunculkan di atas.

Mohon maaf kalau BENAR.

Tinggalkan komentar