7. Jumlah barang dan jasa yang akan dibeli pada berbagai tingkat harga tertentu dan waktu tertentu disebut (A)

Jumlah barang dan jasa yang akan dibeli pada berbagai tingkat harga tertentu dan pada waktu tertentu disebut dengan (A) permintaan. Sebab, permintaan berasal dari kata minta, artinya jumlah barang dan jasa yang diminta konsumen (dibeli) pada harga tertentu.

Sedangkan hukum permintaan adalah keterkaitan antara jumlah barang dan harga yang diminta. Hubungan antara harga dan jumlah barang dalam permintaan berbanding terbalik. Apabila harga naik, maka permintaan turun.

Lalu penawaran, adalah jumlah barang yang ditawarkan / akan dijual pada harga tertentu. Sedangkan hukum penawaran adalah kerterkaitan antara harga dan jumlah barang yang dijual / ditawarkan.

Dari penjelasan di atas, kita tahu, bahwa PERMINTAAN berkaitan dengan besarnya permintaan  KONSUMEN yang akan membeli barang tertentu pada harga tertentu.

Sedangkan PENAWARAN berkaitan dengan jumlah barang yang akan ditawarkan / dijual oleh PRODUSEN. Karena soalnya menanyakan, akan dibeli, berarti KONSUMEN yang minta, makanya yang benar PERMINTAAN.

Jumlah barang dan jasa yang akan dibeli pada berbagai tingkat harga tertentu dan waktu tertentu disebut ….

A. permintaan.

B. penawaran.

C. hukum permintaan.

D. hukum penawaran.

Penjelasan

Makdud soal: barang yang akan dibeli.

Kata kunci: dibeli.

  • Jawaban B, C, D salah.

Sebab yang ditanya adalah jumlah barang / jasa yang akan dibeli, berarti besarnya barang diminta konsumen. Sehingga penawaran sudah pasti salah, karena penawaran adalah jumlah barang yang dijual bukan dibeli. Adapun hukum penawaran juga pasti salah.

Sedangkan hukum permintaan adalah kerterkaitan jumlah barang / jasa dengan harga. Hukum permintaan mengungkapkan bawah apabila harga naik / tinggi maka jumlah barang yang diminta akan turun / sedikit. Contohnya brand besar seperti supreme, atau Hermes pastinya yang dibeli lebih sedikit daripada merek lain yang lebih murah.

  • Makanya jawaban yang benar adalah A.

Sebab, permintaan adalah jumlah barang / jasa yang diminta (dibeli) konsumen pada tingkat harga tertentu.

Jawabannya

Jumlah barang dan jasa yang akan dibeli pada berbagai tingkat harga tertentu dan waktu tertentu disebut

(A) Permintaan, sebab permintaan adalah jumlah barang dan jasa yang diminta / dibeli pada harga tertentu.

Jawaban mengutip pada index dalam buku paket kelas 7 pada halaman 291.

Jumlah barang dan jasa yang akan dibeli pada berbagai tingkat harga tertentu dan waktu tertentu disebut

Jawaban diverifikasi BENAR.

Tinggalkan komentar