4. Jelaskan yang dimaksud dengan pencegahan penyakit ! (Jawabannya)

Yang dimaksud dengan pencegahan penyakit adalah upaya / langkah-langkah yang dilakukan oleh perseorangan, kelompok, masyarakat, swasta, atau pemerintah untuk menunda maupun menghindari penyakit, mengurangi resiko sakit, dan memulihkan penyakit.

Pencegahan penyakit terdiri dari 3 macam yaitu Primer, Sekunder dan Tersier.

Primer, adalah upaya menunda atau mencegah terjadinya masalah kesehatan atau sakit. Sehingga tindakan ini dilakukan pada waktu seorang belum sakit, dengan tujuan agar tidak tertular / terkena penyakit.

Contohnya: penggunaan masker, menjaga jarak, hingga penanganan spesifik seperti vaksinasi, dan lock down.

Sekunder, adalah tindakan pencegahan yang dilakukan ketika seorang baru mengalami gejala, untuk mencegah persebaran penyakit agar tidak meluas. Tindakan berupa diagnose dini.

Contohnya: tes antigen.

Primer, adalah tindakan yang dilakukan untuk memulihkan mantan penderita agar bisa beraktivitas secara optimal, dan diterima kembali di masyarakat.

Contohnya: rehabilitasi kekerasan, dll.

Yang berarti pencegahan dilakukan tidak hanya agar orang tersebut tidak tertular penyakit, namun juga ketika baru mengalami gejala, hingga penderita sembuh dan pulih.

Jelaskan yang dimaksud dengan pencegahan penyakit

Yang dimaksud dengan pencegahan penyakit adalah upaya yang dilakukan untuk menghindari penyakit, mengurangi resiko masalah kesehatan, serta memulihkan penyakit, entah itu penyakit menular maupun tidak menular.

Dalam pencegahan penyakit, diutamakan pencegahan secara primer atau dilakukan sebelum penyakit tersebut menular / seorang mengalami gejala.

Dengan penanganan seperti penyuntikan vaksin.

Namun, pencegahan juga melingkupi pendeteksian dini agar penyakit tersebut tidak menyebar luas dan dapat dengan segara diobati.

Sehingga pencegahan penyebaran penyakit, juga bisa dikendalikan, karena penderita juga ditangani hingga tahap pemulihan dan pengembalian ke masyrakat.

Yang artinya mencegah penyakit agar tidak menginfeksi, agar seorang yang terinfeksi bisa dikurangi gejalanya hingga penyakit tersebut bisa disembuhkan dan dipulihkan.

Jawabannya

Jelaskan yang dimaksud dengan pencegahan penyakit

Yang dimaksud dengan pencegahan penyakit adalah usaha yang dilakukan untuk mencegah dan menunda penyakit, mengurangi dan mengobati masalah atau gejala sakit, hingga memulikan penyakit.

Jawaban di atas dikutip dari Managemen Pelayanaan Kesehatan, pada bab Peningkatan Kesehatan dan Pencegahan Penyakit.

Jelaskan yang dimaksud dengan pencegahan penyakit

Maaf kalau BENAR.

Tinggalkan komentar