6. Jelaskan yang dimaksud dengan makanan sehat (Jawabannya)

Yang dimaksud dengan makanan sehat adalah makanan yang mengandung zat-zat bergizi seimbang yang diperlukan oleh tubuh dan dan juga bersih dari kuman, bakteri atau zat membahayakan tubuh yang dapat menyebabkan penyakit.

Dari jawaban di atas yang berdasarkan pada buku PJOK kelas 7, menjelaskan bahwa terdapat 2 unsur penting makanan agar dapat berguna bagi kesehatan yaitu memiliki takaran gizi tidak kurang atau lebih (Seimbang), dan bersih dari kuman (Steril).

Sebab, walaupun makanan tersebut memiliki kandungan zat gizi yang tinggi, misalkan lemak. Justru bila berlebihan akan menyebabkan kelainan / penyakit seperti obesitas. Terlalu banyak zat gizi karbohidrat yang di dapat dari gula, berdampak pada diabetes.

Begitupun bila kita kekurangan protein yang biasanya ditandai dengan badan yang sangat kurus, lemas, mudah mengantuk.

Jelaskan yang dimaksud dengan makanan sehat

Jelaskan yang dimaksud dengan makanan sehat

Yang dimaksud dengan makanan sehat adalah jenis makanan yang memiliki gizi tidak kurang atau lebih (Seimbang), dan bersih dari kuman, jamur, bakteri atau zat-zat lain yang menyebabkan penyakit (Steril).

Dari jawaban kedua di atas, kita jadi tahu, bahwa makanan yang benar-benar baik untuk kesehatan bukan yang seperti kebanyak orang bayangkan, yaitu makan daging tiap hari yang banyak. Namun makanan tersebut harus seimbang, tidak kekurangan maupun berlebihan.

Seimbang maksudnya sesuai dengan takaran angka kebutuhan gizi harian yang tiap orang butuhkan, jumlah berbeda-beda tergantung berat badan dan usia seseorang menurut perhitungan ilmu gizi.

Yang dimaksud dengan seimbang juga berarti, makanan tersebut harus mengandung 6 zat gizi yang dibutuhan tubuh seperti karbohidrat, protein, lemak, mineral, vitamin dan air.

Makanya sangat penting melakukan variasi makanan sebab tak ada satu makanan yang mengandung semua zat gizi.

Zat tersebut memiliki peran masing-masing dalam tubuh, dan proses tubuh akan berkerja dengan baik karena semua zat terpenuhi. Kurang vitamin akan menghambat proses metabolisme protein, lemak dan hidrat arang.

Oleh sebab itu, seimbang berarti semua unsur zat gizi terpenuhi sesuai dengan jumlah takaran gizi harian.

Kita bebas mengolah makanan dengan cara apapun, selama tidak menghancurkan nilai gizi yang terkandung di dalamnya dan terjaga kebersihannya. Namun, biasanya, proses pengolohan, dan penyajian berpengaruh terhadap nilai kesehatan dari makanan.

Misalkan, sayuran yang dicuci di air yang tidak mengalir, atau pengolahan dengan minyak yang sudah terlalu lama digunakan dan tinggi akan lemak jenuh. Juga akan menghilangkan nila sehat pada makanan terrsebut.

Piring, dan sencok yang didiamkan dan lama terkena debu, atau makanan yang terlalu lama dibuka di pajang di pinggir jalan raya akan memperngaruhi mutu kebersihan.

Apabila kita sudah mendapatkan makann yang benar-benar sehat, hal lain yang perlu kita perhatkkan adalah cara mengkonsumsi, apakah kita cuci tangan dengan air yang mengalir dan memakai sabun atau hanya menggunakan tisu atau air kobokan?

Maka bila kita memakan makanan tersebut dengan tangan langsung, bisa jadi setelah kita makan karena cara makan yang kurang bersih mengubah makanan yang sehat menjadi tidak sehat.

Jawabannya

Jelaskan yang dimaksud dengan makanan sehat

Makanan yang sehat 🥣 adalah makanan yang mengandung gizi seimbang, dan bersih dari kuman, bakteri, atau zat-zat yang dapat menyebabkan berbagi macam infeksi penyakit. 🥇✅

Jawaban ini terdapat pada halaman 290 – 291 tentang arti dari makanan yang sehat.

Jelaskan yang dimaksud dengan makanan sehat

Jawaban berdasarkan dengan penjelasan buku, telah dikoreksi, dan diverifikasi BENAR.

Tinggalkan komentar