Jelaskan soal arti Hari Kiamat ! (Jawabannya)

Jelaskan soal arti Hari Kiamat ! Jawabannya: Hari kiamat atau hari akhir adalah peristiwa hancurnya seluruh alam semesta beserta segala isinya, musnahnya semua makhluk hidup di dalamnya, ditandai dengan bunyi terompet sangkakala oleh Malaikat Israfil atas perintah Allah Swt.

Hari kiamat nama lain dari hari akhir. Pada hari tersebut seluruh alam sesmetsa hancur, semua makhluk hidup meninggal dunia. Sehingga berganti alam lain yaitu alam akhirat.

Tidak ada manusia yang tahu kapan terjadi hari kiamat, hanya Allahlah yang tahu kapan akan terjadi. Namun mempercayai hari kiamat adalah rukun iman yang ke-5.

Disebutkan pada sura tapa peristiwa hari kiamat ?.

  • Hari kiamat disebutkan pada surat al-Qori’ah ayat 1-11.

Pada ayat tersebut diterangkan bahwa pada hari itu, manusia diterbangkan seperti laorn, gunung-gunung berterbangan seperti bulu-bulu. Apabila lebih berat timbangan amal perbuatan akan mendapatkan balasan surga, namun apabila lebih ringan timbangan kebaikan daripada kejahatannya akan mendapatkan balasan neraka.

Jelaskan soal arti Hari Kiamat !

Hari kiamat adalah hari dimana terjadi peristiwa hancurnya seluruh alam semesta dengan segala isinya, musnahnya seluruh makhluk hidup di dalamnya, dengan ditandai bunyi terompet sangkakala oleh Malaikat Israil atas perintah Allah.

Hari kiamat terdiri dari 2 macam:

  • Kiamat Sugra (Kiamat Kecil) yaitu hancurnya sebagian alam semesta, dan meninggalnya sebagian makhluk hidup, misalnya gunung meletus, gempa bumi, longsor, tsunami dan banjir bandang.
  • Kiamat Kubra (Kiamat Besar) yaitu hancurnya seluruh alam semsesta dengan segala isinya, planet-planet bertabrakan, bumi bergoncang dan taka da satupun makhluk di muka bumi yang hidup.

Meskipun kita tidak diberitahu kapan hal tersebut terjadi, namun Allah memeritahu tanda-tanda terjadinya kiamat:

  • Banyak para ulama yang wafat.
  • Ilmu agama dianggap tidak penting.
  • Maksiat dilakukan secara terang-terangan dan kejahatan di muka bumi makin merajalela.
  • Banyak laki-laki yang perilakunya menyerupai perempuan, atau sebaliknya perempuan berperilaku seperti laki-laki.
  • Banyak peperangan dan kerusuhan di muka bumi ini.
  • Minuman keras dan barang terlarang (seperti narkoba) bebas beredar sehingga menimbulkan tindakan kriminalitas yang merajalela.
  • Munculnya orang-orang yang mengaku sebagai nabiatau rasul.

Jawabannya

Jelaskan soal arti Hari Kiamat

Hari kiamat adalah hari terjadinya peristiwa hancurnya seluruh alam semesta beserta isinya, musnahnya seluruh makhluk hidup dengan ditandai bunyi terompet sangkakala malaikat Israil atas perintah dari Allah Swt.

Berikut ini penjelasannya:

Jelaskan soal arti Hari Kiamat

Mohon maaf kalau BENAR.

Tinggalkan komentar