Menu Tutup

Jelaskan perbedaan antara dakwah, tablig, dan khutbah ! (Jawabannya)

Jelaskan perbedaan antara dakwah, tablig, dan khutbah ! Berikut ini penjelasan, pembahasan dan kunci jawaban mengenai perbedaannya.

Dakwah menurut bahasa artinya mengajak, memanggil, dan menyeru untuk hal tertentu.

Oleh sebab itu dakwah tidak hanya dilakukan dengan lisan, bisa juga dengan perbuatan, misalnya dengan menjadi teladan / contoh yang baik mengenai nilai-nilai islam, atau memberikan bantuan / sumbangan.

Tablig artinya menyampaikan atau memberitahukan pesan atau ceramah secara lisan atau perkataan. Nah, berarti kalau tablig itu dilakuakan secara lisan memberikan ceramah tanpa sayrat dan rukun tertentu.

Khutbah artinya menyampaikan pesan tentang takwa sesuai dengan perintah Allah Swt dengan syarat dan rukun tertentu. Misalnya sayrat seperti tartil dan fasih mengucapkan bacaan Al Qur’an.

Sedangkan rukun misalnya, dengan membaca salam, syahadat dan shalawat. Dari ketiga pengertian di atas, terdapat perbedaan pada cara melakukan, syarat dan rukunnya, hingga tempatnya.

Jelaskan perbedaan antara dakwah, tablig, dan khutbah !

Jawab:

  1. Dakwah dan tablig tidak memiliki aturan baku, sedangkan khutbah terikat oleh syarat dan rukun.
  2. Dakwah dan tablig dapat dilakukan dimana saja, sedangkan khutbah dilakukan di masjid, atau tempat lain yang memungkinkan untuk salat jum’at atau Shalat ‘Iadin, atau di luar salat pada tempat dalam acara seperti pernikahan.
  3. Dakwah dan tablig diperuntukan untuk laki-laki maupun wanita, sedangkan pada khutbah salat jum’at hanya diwajibkan pada laki-laki.
  4. Dakwah dan tablig dapat dilakukan dengan media apa saja, sedangkan khutbah dilakukan pada mimbar.
  5. Orang yang berdakwah namanya Da’i, sedangkan orang yang bertablig namanya muballigh (laki-laki) atau muballighah (perempuan), kemudian orang yang berkhutbah dinamakan khatib.

Begiulah jawabannya teman-teman. Beberapa perbedaan antara ketiganya. Khutbah terikat akan syarat, rukun dan tempat. Di sisi lain, tablig dan dakwah tidak terikat oleh syarat, rukun dan tempat.

Tablig dilakukan hanya dengan lisan. Tablig merupakan bagian dari dakwah. Sedangkan dakwah mencakup lebih luas karena tidak hanya dilakukan dengan lisan, namun juga dengan perbuatan.

Keterangan

Jelaskan perbedaan antara dakwah, tablig, dan khutbah

Berikut ini penjelasannya: ✅

Jelaskan perbedaan antara dakwah, tablig, dan khutbah

Di atas adalah keterangan yang diambil dari buku paket kemenag halaman 161:

Kebijakan masing-masing guru pembimbing 👩‍🏫

Jelaskan perbedaan antara dakwah, tablig, dan khutbah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *