Jelaskan pengertian puasa ! (Jawabannya)

Jelaskan pengertian puasa ! puasa dalam bahasa arab disebut saum, yang artinya menahan diri dari segala sesuatu, seperti menahan makan, minum, hawa nafsu, dan menahan dari bicara yang tidak bermanfaat.

Hal ini sesuai dengan surat Al Baqarah ayat 187: “Makan dan minumlah hingga jelas bagimu (perbedaan) antara benang puth dan benang hitam, yaitu fajar.”

Puasa ada yang wajib seperti puasa Ramadhan, Nazar, Qada, dan Kifarat adapula yang sunnah seperti puasa senin kemis, syawal. Adapula hari yang diharamkan dalam berpuasa, seperti hari raya idul fitri dan idul adha.

Jelaskan pengertian puasa !

Jawab:

Pengertian puasa adalah adalah menahan diri dari segala sesuatu yang membatalkannya, mulai dari terbit fajar sampai terbenamnya matahari dengan niat dan beberapa syarat tertentu.

Begitulah jawabannya teman-teman. Pada intinya, puasa itu kan menahan diri dari makan dan minum, dari terbit fajar hingga tenggelamnya matari.

Yang hal ini dilakukan dengan syarat tertentu, seperti misalnya balig, berakal, di waktu tertentu, kalau puasa ramadan ya di bulan ramadan. Kalau puasa senin kemis ya di hari senin kemis dan lain sebagainya.

Hal ini sebenarnya diterangkan di dalam buku paket kelas 8 pada halaman 197:

Jelaskan pengertian puasa

Verifikasi

Jelaskan pengertian puasa

Begini pengertian dari puasa: ✅💯👍

Jelaskan pengertian puasa

Catatan: jawaban di atas dikutip dari kunci jawaban guru, dan sesuai dengan materi.

Jawaban diverifikasi BENAR 💯

Tinggalkan komentar