Jelaskan pengertian iman kepada kitab Allah Swt ! (Jawabannya)

Jelaskan pengertian iman kepada kitab Allah Swt ! Jawabannya: Iman kepada kitab Allah berarti percaya serta yakin dengan sepenuh hati bahwa kitab-kitab tersebut (Taurat, Zabur, Injil dan Al-Qur’an) berasal dari wahyu-wahyu Allah yang diturunkan kepada Rasul-Nya untuk disampaikan kepada manusia agar memperoleh kebahagiaan dunia dan akhirat.

Beriman berasal dari kata iman, yang secara harifiah artinya percaya. Sebagai seorang yang beriman, artinya kita percaya akan kitab-kitab tersebut berasal dari Allah.

Jelaskan pengertian iman kepada kitab Allah Swt !

Iman kepada kitab Allah Swt berarti percaya dan yakin dengan sepenuh hati bahwa Allah telah menurunkan kitab-kitaNya kepada para Rasul-Nya yang berisi wahyu Allah untuk disampaikan kepada umat manusia, sebagai pedoman agar memperoleh keselamatan, dan kebahagiaan dunia serta akhirat.

Jadi, kita tidak hanya percaya pada Al-Qur’an saja, namun juga percaya pada kitab-kitab yang lain:

  • Taurat: diturunkan kepada nabi Musa, untuk kaum Bani Israil.
  • Zabur: diturunkan kepada nabi Daud, untuk kaum Bani Israil.
  • Injil: diturunkan kepada nabi Isa, untuk kaum Nasrani.
  • Al-Qur’an: diturunkan kepada Nabi Muhammad, untuk seluruh umat manusia.

Kitab Taurat, diwahyukan kepada nabi Musa sebagai pedoman untuk mememangkan kekafiran Fir’aun yang pada masa itu mengaku sebagai Tuhan. Sedangkan kitab Zabur, untuk pedoman nabi Daud yang melawan kesombongan raja Thalut.

Jadi setelah peninggalan nabi Musa sebagai utusan yang menyelamatkan kaum Bani Israil, kaum Bani Israil tidak memiliki pemimpin sehingga hidupnya teombang-ambing, kemudian munculah nabi Daud dan kembali sebagai utusan yang menyelamatkan kaum Bani Israil atau bangsa Yahudi dari Raja Thalut.

Kemudian kitab Injil, itu juga berisi Taurat dan Zabur dan telah disempurnakan, dari 2 kitab sebelumnya, membawa pesan bahwa akan adanya nabi terkahir / nabi Muhammad.

Lalu  kemudian diturunkanlah Al-Qur’an, dan sebagai kitab terkahir dan penyempurnaan dari kitab-kitab sebelumnya untuk pedoman umat manusia.

Jawabannya

Jelaskan pengertian iman kepada kitab Allah Swt

Iman kepada kitab Allah maksudnya percaya dan yakin bahwa empat kitab tersebut yaitu Taurat, Zabur, Injil dan Al-Qur’an berasal dari wahyu Allah yang diberikan kepada para Rasul, untuk di sampaikan kepada manusia sebagai pedoman dalam mencapai keselamatan dan kebahagiaan dunia serta akhirat.

Jawaban mengutip pada buku paket kelas 8 pada halaman 5.

Jelaskan pengertian iman kepada kitab Allah Swt

Jawaban BENAR.

Tinggalkan komentar